Boarding pass justru memiliki lebih banyak informasi dari sekadar soal data penerbangan dan nomor tempat duduk Anda.

Ini Akibatnya Bila Buang Boarding Pass Sembarangan

Info BMR – Mudahnya memesan tiket pesawat lewat jalur online memang dinilai praktis dan lebih cepat. Sayangnya, memesan tiket secara online tidak seaman yang banyak orang bayangkan.

Pasalnya, banyak orang yang membuang boarding pass online milik mereka seusai penerbangan. Apalagi, unggah-mengunggah foto di jejaring sosial sedang menjadi suatu `tren`. Kini, tak hanya makanan yang diunggah ke jejaring sosial, namun boarding pass pun ikut-ikutan difoto dan diunggah.

Yang banyak orang belum ketahui adalah boarding pass justru memiliki lebih banyak informasi dari sekadar soal data penerbangan dan nomor tempat duduk Anda. Di situlah risiko data pribadi Anda rentan diketahui oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Menurut informasi yang dilaporkan laman Foxnews, Senin (19/10/2015), seorang peneliti dan praktisi keamanan, Brian Kebs, menjelaskan bahwa perbuatan orang-orang mengunggah foto boarding pass online (atau juga membuang boarding pass-nya secara sembarangan) merupakan sebuah tindakan teledor dan ide yang buruk.

Diungkap, barcode yang tercetak di bagian boarding pass tersebut justru bisa memudahkan para hacker untuk mencari tahu informasi terkait rincian berpergian orang bersangkutan yang memegang tiket tersebut.

Parahnya, mereka bahkan bisa meretas semua informasi personal pemilik tiket, mulai dari jadwal penerbangan hingga rekening pribadi.

“Hal ini justru masih kurang disadari oleh sebagian besar pengguna maskapai penerbangan. Sudah banyak korban yang saya temukan dari pemesanan tiket online,” tutur Brian.

Dijelaskan lebih lanjut, informasi yang terdapat di dalam barcode rupanya juga bisa digunakan `oknum` tertentu untuk dapat mengakses ke akun pribadi pemilik tiket yang memungkinkan mereka untuk merubah atau membatalkan penerbangan.

Kasus ini nyatanya sering terjadi di Inggris. Sampai saat ini, pihak berwajib masih mengusut dan mencari para hacker yang berulah membobol data pribadi penumpang lewat boarding pass online. Maskapai-maskapai penerbangan pun mulai mengatur sistem kode rahasia yang terdapat di boarding pass.

Jika Anda termasuk orang yang sering memesan tiket secara online, mulai sekarang berhati-hatilah. Jangan gegabah mengunggah foto boarding pass di jejaring sosial, atau sebaiknya Anda lekas hancurkan boarding pass Anda jika tidak dipakai lagi, agar data pribadi Anda tidak dibobol hacker dan tetap aman.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Razia Hiburan Malam, 11 Pengunjung Postif Pakai Narkoba

Infobmr.com, PERISTIWA – Petugas gabungan dari BNN Kalimantan Selatan, kepolisian, ...