Mendikbud diminta meninjau kembali Unima sebagai pengelola sertifikasi

Unima Dikecam, Dinilai Sarat Pungli

Terkait Pengelolaan Sertifikasi, Mendikbud Diminta Tinjau Unima

(Info BMR) TONDANO – Luar biasa pengelolaan sertifikasi tenaga pendidik oleh Universitas Negeri Manado di Tondano. Nyaris semua proses pengelolaan, mulai dari Diklat sampai pengukuhan sarat dengan ‘doi’ alias pungutan liar. Sudah menjadi rahasia umum bagi guru-guru yang mengikuti Diklat sertifikasi yang dikelola Unima. Mereka harus merogoh kocek jutaan rupiah. Pasalnya, setiap materi yang diberikan, maka oknum dosen pemateri pun sebentar akan menerima tip-tips dari peserta.

Konon jika tak ada tip-tips, jangan harap akan lulus diujian akhir. Tak hanya sampai disitu. Alumni peserta sertifikasi yang ijazahnya dari jawa, Makassar atau daerah lain harap-harap cemas. Bisa saja saja status mereka akan lulus dengan syarata klarifikasi. “Kesannya, ijazah kami itu bermasalah. jadi kami harus klarifikasi ke Puskom. pihak mereka menyatakan oke tidak masalah,”beber sejumlah guru.

Fatalnya, kendati pihak Puskom menyatakan aman. Saat pengukuhan, map yang diterima hanya kosong. Tak ada sertifikasitnya. “Inikan bentuk penipuan yang dilakukan pihak pengelola. ada apa ini ? kami dikukuhkan, tapi sertifikatnya kosong,”ketus mereka.

Menteri pendidikan dan kebudayaan RI diminta meninjau kembali Unima sebagai pengelolah sertifikasi. “Selain bertele-tele, sarat pungli dan keabsahan ijazah kami diragukan. kami benar-benar dilecehkan. Kami minta Mendikbud meninjau Unima sebagai pengelola,”seru.(lin)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...