Langgar UU Pemerintahan Daerah, Bupati Talaud Diberhentikan

Infobmr.com, BOROKO – Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Manalip (SWM) menerima getah atas ketegasan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, akibat sikapnya yang tidak memetuhi amanat undang undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Penerapan sanksi ini lebih dikarenakan Bupati Kepulauan Talaut  pada tahun 2017 lalu telah meninggalkan tugasnya di daerah  dalam rangka melakukan perjanalanan ke Amarika tanpa se-Izin Menteri.

Sri Wahyumi dinyatakan melangar Pasal 77 ayat 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menegaskan kepala daerah yang melakukan ke luar negeri harus mengantongi izin Mendagri.

“Sebagaimana diatur dalam Pasal 76 ayat 1 huruf (i) UU Pemerintahan Daerah, dikenai sanksi pemberhentian sementara selama tiga bulan oleh presiden untuk gubernur/wakil gubernur, dan oleh menteri untuk bupati dan wakil bupati atau wali kota dan wakil wali kota.” Bunyi surat tersebut.

Pemberhentian sementara atas Manalip, berdasarkan keputusan Mendagri Nomor 131.71-17 Tahun 2018 tentang pemberhentian sementara Bupati Kepulauan Talaud Provinsi Sulut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Kepala Biro (POD-Pemerintah dan Otonomi Daerah) Provinsi Sulawesi Utara Jemmy Kumendong Kamis (11/1) ketika di konfirmasi atas informasi pemberhentian sementara Bupati Kepulauan Talaut ini, ikut membenarkan.

“Iya sudah ada surat dari Kemendagri soal pemberhentian sementara terhadap Bupati”, kata Kumendong.

Pemerintah Provinsi selaku kepanjangan tangan pemerintah pusat, lanjut Kumendong ikut menindaklanjuti pula dengan pengangkatan saudara Petrus S.Tuange Wakil Bupati (Wabup) Talaud guna melaksanakan tugas tanggungjawabnya sebagai Bupati. Dan hari ini Jumat (12/01/2018) suratnya akan diserahkan ke Sri Wahyuni Manalip”, ujar Kumendong. [dan]

Langgar UU Pemerintahan Daerah, Bupati Talaud Diberhentikan

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...