Sumber Tempo.co

Pejabat FIFA Ditangkap

(Info BMR) BOROKO – sedikitnya Enam pejabat senior induk sepak bola dunia (FIFA) ditangkap oleh kepolisian Swis Rabu pagi ini, 27 Mei 2015 di Hotel Baur au Lac di Zurich

Mereka diduga terlibat penggelapan, pemerasan, serta pencucian uang dalam penawaran hak siar televisi, pemasarannya, serta pemilihan tuan rumah Piala Dunia.

seperti yang dilansir oleh Tempo.co, Salah satu yang diduga ditangkap adalah Wakil Presiden FIFA Jeffrey Webb. Berikut ini sepak terjang pria 50 tahun itu dalam sepak bola dunia.

  1. Webb adalah Wakil Presiden FIFA sejak Mei 2012.
  2. Webb juga merangkap jabatan sebagai Presiden CONCACAF, sebuah organisasi sepak bola di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia. Ia menduduki jabatan tersebut dengan suara bulat pada 2012 dan kembali terpilih pada April 2015.
  3. Dia mengawali karier sebagai pengacara dan sudah menjabat Presiden Asosiasi Sepak Bola epulauan Cayman (CIFA) sejak usia 26 tahun.
  4. Webb dianggap melakukan reformasi pada tubuh CONCAF lantaran membuka borok Jack Warner, pendahulunya, melalui laporan integritas dan pemeriksaan. Ia menyimpulkan Warner telah gagal membina organisasi secara serius dan mengakibatkan penyalahgunaan dana hingga jutaan dolar.
  5. Di FIFA, Webb cukup disegani lantaran pernah menjadi anggota Transparansi dan Komite Kepatuhan. Tugasnya adalah menegakkan prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik, transparansi, dan toleransi untuk menghindari kesalahan.
  6. Prestasinya dalam jabatan tersebut membuat Webb didapuk sebagai anggota Strategis FIFA, Keuangan FIFA, Organisasi Piala Dunia, serta Komite Darurat.
  7. Dia juga menduduki jabatan pada sejumlah komite FIFA, seperti Biro FIFA World Cup Rusia (TM) 2018, Komite Pembangunan, Komite Eksekutif, Komite Penyelenggara Piala Dunia FIFA U-20, Komite Penyelenggara Piala Dunia FIFA (TM), serta Task Force Melawan Rasisme dan Diskriminasi
  8. Webb juga getol mendorong investigasi kasus suap pada tubuh FIFA terkait dengan penunjukan Rusia dan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022.
  9. Prestasinya di dunia sepak bola membuat Presiden FIFA Sepp Blatter menyebut Webb sebagai orang yang tepat menggantikan posisinya pada dua tahun lalu. (THE INDEPENDENT | TRI SUHARMAN | DAN)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Juliari Batubara dan Edhy Prabowo pantas Dituntut Hukum Mati

Infobmr.com – Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dan ...