Kekayaan Calon Kepala Daerah Akan Diverfikasi Faktual

Infobmr.com, JAKARTA – Setelah menerima 1.164 Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang sudah disetorkan oleh para calon kepala daerah, maka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segerah melakukan verifikasi kelengkapan laporan yang diterima dan selanjutnya KPK akan melakun verifikasi factual dilapangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur LHKPN KPK Cahya Hardianto Harefa di gedung KPK, Rabu (24/1/2018), seperti dikutip dari Beritasatu.com

Cahya mengatakan Proses verifikasi faktual ini akan dilakukan KPK setelah KPU mengumumkan dan menetapkan calon kepala daerah pada tanggal 12 Februari 2018 mendatang. Dengan metode pemeriksaan yang dimiliki KPK, Cahya menargetkan proses verifikasi faktual ini dapat rampung sebelum masa pemilihan. Dengan demikian, masyarakat dapat memiliki informasi mengenai kejujuran para calon kepala daerah yang bakal dipilihnya.

Dia pun menekankan, pentingnya melaporkan harta kekayaan dengan jujur untuk menciptakan proses pencegahan dari praktik korupsi. Oleh karenanya, dia menekankan calon kepala daerah harus jujur sejak melaporkan harta kekayaannya ke KPK. Bahkan, KPK akan berkoordinasi dengan KPU agar para calon kepala daerah mendeklarasikan sendiri harta yang mereka miliki.

“Kami dorong mereka melaporkan ke kami, kemudian kami nanti minta mereka mengumumkan juga. Jadi kita kerja sama dengan KPU kami minta untuk mereka mendeklarasikan hartanya untuk difasilitasi oleh KPU,” katanya.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal China bernama “Ryze Tech” menjual ...