Peringati Hari Kartini, Siswa SMP N. 1 Bolangitang Kenakan Kebaya dan Kain Batik

Laporan : Ridwan Lasamano

Infobmr.com, BOROKO – Ratusan siswa SMPN 1 Bolangitang Barat  memadati lapangan upacara di Sekolah setempat,  semua berbaris rapi dan penuh khidmat melaksanakan upacara peringatan ke 138 tahun hari Kartini,  Jumat (21/04/2016).

Uniknya pelaksanaan upacara kali ini, seluruh siswa dan guru mengenakan pakaian nasional kebaya plus kain batik bagi siswi dan kemeja batik bagi siswa, hal ini dilaksanakan untuk lebih menghayati perjuangan R. A. Kartini lewat atribut-atribut bernuansa jawa di zaman Kartini.

img_20170421_082105

Dalam pelaksanaan upacara ini, seluruh petugas upacara melibatkan siswi. dibacakan juga riwayat hidup singkat dan perjuangan Raden Ajeng Kartini yang merupakan pahlawan emansipasi kaum perempuan.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah salah satu siswi, yang dalam pembacaan amanatnya menyampaikan tentang aplikasi nilai juang R.A.Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan yang harus diteladani siswa.

Kepala SMPN 1 Bolangitang Barat, Syarif Monti, S.Pd.I yang ditemui usai upacara menyampaikan bahwa upacara dalam nuansa Kartini digelar untuk mendorong pengahyatan para siswa,  “Kami kemas dalam nuansa Kartini dengan memakai atribut Kebaya dan kain batik,  dan juga seluruh petugas upacara diambil dari Siswi,  hal ini agar para siswa lebih menghayati dan selanjutnya meneladani perjuangan R. A. Kartini” lugas mantan Ketua KNPI Kota Palu itu.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...