Ketua Umum HI Sulut, Safrizal Walahe,SH saat Memberikan Sambutan

HI Sulut Gelar Dialog Publik

(Info BMR) Manado – Human Ilumination (HI) Sulawesi Utara menggelar dialog publik di Hotel Formosa Manado, Jum’at (31/7). Dialog publik bertemakan Peran serta ormas dalam menjaga kondusifitas dan kerukunan masyarakat di Sulawesi Utara dihadiri oleh beberapa organisasi intra kampus dan Organisasi Non Pemerintah (Non Governmental Organization) yang ada di sulawesi utara.

Ketua umum HI Safrizal Walahe, SH mengatakan bahwa peran ormas dalam menjaga kondusifitas dan kerukunan masyarakat di Sulawesi Utara adalah harus dimulai dari perubahan cara berpikir anggota dan Pengurus Ormasnya terlebih dahulu. “ mustahil akan tercipta kerukunan diantara kelompok masyarakat yang begitu majemuk saat ini jika anggota Ormasnya justru tidak memahami apa hakekat dan asas-asas Organisasi sebagaimana yang tertuang dalam UU No. 17 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.” Cetus Rizal yang juga ketua umum PB- KPMIBU itu.

Rizal menegaskan, kerukunan antar kelompok masyarakat merupakan kompenen sekaligus indikator yang baik dalam mewujudkan sulut damai dalam bingkai Torang Samua Basudara. Terlebih, Sulawesi Utara saat ini sudah menjadi objek destinasi (tujuan.red) studi banding masalah kerukunan antar umat beragama.

“Dialog ini harus ditindak lanjuti dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, bukan sekedar wacana atau dialog dalam ruangan saja,” ucap Rizal menegaskan.

Di tempat terpisah, BKPRMI Bolaang Mongondow Utara Djunaidi Harundja, SH mengapresiasi gagasan Himan Ilumination dalam menjaga kondusifitas di Sulawesi Utara. Sebagai contoh misalnya, saat ini di sulut terdapat berbagai paguyuban dari berbagai macam suku bangsa dan agama yang tumbuh berdampingan dan hidup damai di Sulut.
“wajib kiranya kondusifitas di Sulawesi Utara terus terpelihara, sebagai wujud masyrakat yang berbineka tunggal ika” ujar Junaidi. (**)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...