Masalah Sampah di Kawasan Pantai Batu Pinagut
Sampah plastik cemari pantai Batu Pinagut (foto: Alan Pieter).

MASALAH SAMPAH DI KAWASAN PANTAI BATU PINAGUT

infobmr.com, BOLMUT – Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting bagi Indonesia. Indonesia yang kaya alam dan budaya memiliki beragam tempat wisata yang unik, menarik, dengan ciri khasnya masing-masing.

Banyak objek wisata seperti wisata alam, sampai wisata buatan tidak hanya diminati oleh wisatawan lokal dan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Pariwisata sebagai salah satu sektor ekonomi yang semestinya dikelola sebaik mungkin agar bisa meningkatkan perekonomian, karena sektor ini sangat berpotensi sebagai sumber pendapatan daerah.

Namun, apa jadinya kalau tempat wisata terdapat banyak sampah yang berserakan. Tidak hanya wisata buatan di kota-kota besar, wisata alam seperti gunung, pantai, penuh dengan aneka macam sampah.

Hal ini membuat pengunjung kecewa, tempat yang indah malah terlihat seperti tempat sampah.

Wisata Pantai Batu Pinagut, terletak di Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, hamparan pasir putih yang indah terletak pada posisi strategis tak jauh dari pusat kota, sudah termasuk Kawasan Strategis Pariwisata.

Pantai Batu Pinagut adalah satu objek wisata yang menawarkan keindahan pantai, disertai hamparan bebatuan. Namun, pantai ini sekarang sudah tercemar oleh sampah.

Hal ini dikarenakan sikap kurang tegas dalam menangani problematika sampah ini. Larangan meninggalkan sampah sudah dibuat, tetapi para pengunjung masih saja berani membuang sampah sembarangan.

Tidak adanya pengecekan secara teliti yang dilakukan oleh pihak terkait bagi wisatawan serta tidak adanya sanksi bagi pelanggar tentu tidak akan membuat mereka jera untuk tidak meninggalkan sampah.

Padahal Pantai BP sudah dikatakan mulai tercemar.

Jika berlanjut terus, dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak maka akan mengakibatkan ekosistem air terganggu. meskipun ada peraturan yang tertulis yang melarang, tetap saja para pengunjung tidak mengindahkan hal tersebut.

Sehingga di sepanjang kawasan Batu Pinagut kerap dijumpai sampah yang berserakan.

Banyaknya sampah.ini , membuat para petugas kebersihan kadang tidak bisa mengangkut semua sampah, sehingga, sampah-sampah itu dibakar di kawasan Batu Pinagut. Tentu saja tindakan ini kurang tepat, karena pembakaran ini dapat menimbulkan polusi dan mencemarkan udara di kawasan tersebut.

Ini tidak bisa dibiarkan, karena ekosistem pasti akan terganggu. Seharusnya pihak pengelola tegas dalam membuat peraturan dan memberi sanksi bagi siapapun yang melanggar.

Jangan hanya karena orang yang tidak bertanggungjawab, tempat ini kehilangan keindahannya.

Perihal kebersihan memang seakan menjadi momok bagi sektor pariwisata di seluruh nusantara. Wisata yang tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, seharusnya dikelola dengan baik agar terus maju dan mampu memuaskan pengunjung.

Selain sebagai sumber pendapatan daerah, pariwisata juga sebagai media untuk memperkenalkan suatu daerah, jangan sampai daerah itu dikenal sebagai tempat yang kotor karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan.

Pada dasarnya memang dibutuhkan kesadaran dari diri sendiri untuk bisa menghargai lingkungan. Memang sulit mengubah kebiasaan seseorang yang suka membuang sampah sembarangan.

Perlu diadakan edukasi untuk agar masyarakat lebih bisa menghargai lingkungan. Pengelolaan sampah yang baik juga dibutuhkan, jika tidak maka dapat mengganggu lingkungan.

Peran pengunjung untuk saling menegur agar menjaga kebersihan juga penting.

Pihak pengelola juga harus tegas dalam membuat peraturan agar wisatawan dapat menaatinya. Kebersihan di wisata pantai Batu Pinagut sangat kurang. Oleh karena itu, kebersihan perlu ditingkatkan agar wisata-wisata tersebut terus berkembang dan maju, bukan sebaliknya.

Sangat tidak menyenangkan, jika wisata Batu Pinagut yang merupakan ikon Daerah Bolmut, kini dikenal sebagai wisata yang penuh sampah

[ilham]

Editor: Ridwan

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Cherish Akhiri Masa Lajang, Ini Tanggapan Netizen

Cherish Akhiri Masa Lajang, Ini Tanggapan Netizen

Infobmr.com , Life Style – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) ...