Gerhana Hati

Oleh : Ridwan Lasamano

Sejak dibangku sekolah dasar, kita sudah diajari dgn teori ilmu alam bahwa gerhana Matahari adalah Cahaya matahari yang menuju ke bumi terhalang oleh bulan. Dan kitapun tanpa dipaksa, degan ikhlas menerima teori ini karena memang teori ini benar adanya.

Hari ini sebagian besar kita, mnyaksikan fenomena alam yang merupakan bagian kecil dari kreasi yang maha kuasa. Gerhana Matahari hanyalah sebagian kecil dari sekian besar tanda-tanda kekuasaan Allah.

Gerhana matahari hanyalah sebuah fenomena, tak perlulah kita harus repot melihat langsung sang surya yang pelahan hilang panasnya, karena walau bulan telah membalutnya, namun cahayanya takkan tertutupi secara total.

Tak perlulah harus melihat wujudnya, karena sesungguhnya dalam diri ini terdapat gerhana yang terjadi setiap saat. Cahaya illahia yang telah ada dalam qalbu yang terkadang tertutup oleh gelapnya keangkuhan nurani.

Tertutup oleh ego, kesombongan akan kebesaran diri yang sesungguhnya hanya sementara, tertutup oleh ego yang tak seharusnya, terhalang oleh rasa tinggi ingin mnguasai yang belm saatnya,. Memang belum saatnya, karena simbol bulan yang ingin tampil di siang hari menutupi sang raja siang.

Secara fenomenal pun, keangkuhan sang dewi malam yg ingin mnguasai raja siang, berangsur lenyap dan perlahan namun pasti, sang surya akan melewati ini karena mentaati titah sang penguasa alam dalam mengorbit tata surya.

Inilah hakikat dari keangkuhan dan kesombongan, dia takkan berlangsung selamanya, karena semua kebesaran manusia dalam menguasai persada takkan kekal. Semua akan ada akhirnya, hanyalah sang surya yang tetap ada, menunggu keputusan sang Kreator Maha Besar untuk memadamkan cahayanya,. karena sesungguhnya, cahaya sang Surya hanyalah bagian kecil dari cahaya-NYA.

Jika hari ini, kita masih terus berbalut dalam keangkuhan karena kelebihan yang diberi Tuhan, maka sesungguhnya kita telah mngingkari pesan-pesan dari sang Gerhana. Dan gerhana besar sedang berlangsung dalam diri kita, itulah GERHANA HATI.

Bolangitang, 9 Maret 2016

Sedang berlangsung Gerhana Matahari, ALLAHU AKBAR….!

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...