Akibat Lambatnya APBD 2015 ‘Berdampak Kesemua Sektor’

Catatan : David Romario Nusa

BULAN januari tahun 2015 lima hari lagi sudah mau selesai, akan tetapi sesuai dengan hasil investigasi saya dilapangan bahwa sampai dengan saat ini Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (baca:APBD) 2015 belum terproses dengan baik atau terkesan sangat lambat penyalurannya sehingga dapat berdampak sistemik ke semua sektor yang ada di Kabupaten Bolmong Utara baik sektor pertanian, sektor perikanan, sektor peternakan, dan sektor perdagangan.

Bahkan disisi lain dengan lambatnya penyaluran APBD 2015 berakibat pada semua lini yang ada contohnya gaji PNS yang sampai dengan saat ini belum jelas kapan dicairkan, kontrak kerja dengan pegawai Honorer belum ada titik terang, lelang tender baik fisik maupun non fisik belum juga terlaksana, bantuan-bantuan bagi nelayan dan petani masih terkesan kurang jelas, serta banyaknya pengusaha yang terancam gulung tikar akibat daya beli masyarakat yang semakin berkurang.

Yang perlu diingat, bahwa majunya Bolmong Utara bukan dilihat dari berapa gedung perkantoran yang dibangun dan berapa banyak kendaraan Dinas DB H yang lalu lalang di jalanan. Tetapi kemajuan Bolmong Utara dapat diukur dari seberapa besar tingkat kesejahteraan masyarakat Bolmong Utara.

Perlu kita ketahui bersama bahwa hampir 75 % rakyat Bolmong Utara menggantungkan biaya kehidupan lewat APBD, Mulai dari para elit baik eksekutif maupun legislatif, Para guru, Kontraktor, pedagang, nelayan, petani, bahkan buruh bangunan sekalipun bergantung pada APBD 2015. Maka dengan lambatnya penyaluran APBD 2015 dapat berpengaruh pada menurunya tingkat kesejahteraan rakyat Bolmong Utara.

Ini semua terjadi karena lambatnya kinerja Pemkab dan juga Dekab Kabupaten Bolmong Utara dalam memproses dan menyalurkan APBD 2015, sehingganya itu saya sangat berharap APBD 2015 secepatnya di salurkan agar proses perekonomian di Bolmong Utara akan berjalan  dengan lancar.

Saya juga berharap kepada para petinggi di Bolmong Utara baik Pemkab maupun Dekab dalam membahas Persoalan APBD ditahun-tahun mendatang agar jauhkanlah dulu sahwat kepentingan Politik semata, utamakanlah dulu kepentingan rakyat demi kesejahteraan Rakyat, penuhilah janjimu ketika dalam panggung politik kampanye, agar rakyat Bolmong Utara meningkat kesejahteraannya dan Kabupaten Bolmong Utara yang kita cintai Bersama dapat secepatnya menjadi daerah maju terdepan seperti yang telah kita cita-citakan bersama amin ya rabbal allamin. (**)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Cherish Akhiri Masa Lajang, Ini Tanggapan Netizen

Cherish Akhiri Masa Lajang, Ini Tanggapan Netizen

Infobmr.com , Life Style – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) ...