Menurut survei kesehatan dunia, Indonesia adalah negara dengan penduduk paling banyak tidur (Getty Images/BraunS)

Survei Kesehatan Dunia: Orang Indonesia Paling Banyak Tidur

Jakarta, CNN Indonesia — Saat berbicara mengenai hidup sehat, penduduk dunia lebih memprioritaskan tidur daripada mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, atau mengonsumsi vitamin, menurut jajak pendapat terbaru seperti dikutip dari laman GfK.

Indonesia dan India adalah negara yang penduduknya paling banyak beristirahat. Sebanyak 87 persen responden Indonesia dan 77 persen responden India yang dimintai pendapat melaporkan mereka mendapatkan waktu tidur yang cukup. 

Sementara itu, Polandia dan Rusia adalah negara yang penduduknya paling sedikit memejamkan mata. Masing-masing 51 persen dan 52 persen penduduknya mengaku mendapatkan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan. 

Jajak pendapat tersebut dilakukan oleh organisasi riset pasar GfK yang bermarkas di Jerman. Lebih dari 28 ribu orang di 23 negara dimintai pendapat tentang aktivitas yang rutin mereka lakukan untuk menjaga kesehatan fisik mereka. 

Secara global, orang di penjuru dunia lebih fokus pada tidur daripada perawatan mulut yang teratur, dan lebih banyak berolahraga daripada menghabiskan waktu dengan teman-teman, keluarga, atau hewan peliharaan. 

Sementara sushi menjadi pilihan makanan sehat, hanya 29 persen dari orang-orang Jepang mengatakan mereka telah mengonsumsi makanan sehat. Sementara itu, ketika kari menjadi makanan dengan asupan kalori tinggi, 79 persen orang-orang India mengatakan mereka telah mengonsumsi makanan sehat. 

Meksiko dan Tiongkok adalah negara dengan jumlah penduduk yang berolahraga secara teratur, yakni 68 persen dan 67 persen. Sementara, Jepang dan Rusia adalah negara dengan penduduk fanatik kebugaran yang lebih sedikit, yakni 39 persen dan 40 persen. 

Untuk survei ini, GfK mewawancarai orang-orang berusia 15 tahun atau lebih tua di 23 negara baik secara online atau tatap muka pada musim panas 2014. 

Negara-negara yang disurvei di antaranya Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Tiongkok, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Polandia, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Turki, Inggris, Ukraina, dan Amerika Serikat. 

Mereka ditanya aktivitas yang paling mungkin dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik. Ada 14 daftar aktivitas, mulai dari tidur, olahraga, tidak memakai teknologi, sampai meditasi. 

Pertanyaan tersebut juga mengungkap bahwa memakai kosmetik, baik bedah atau pun nonbedah, adalah cara paling tidak populer untuk mempertahankan kesehatan. Hanya enam persen orang di seluruh dunia memilih memakai prosedur kosmetik untuk menjaga kesehatan. 

Secara global perempuan dua kali lebih mungkin memakai tabir surya dibandingkan laki-laki. Terutama untuk kesehatan kulit dari paparan sinar matahari. Orang-orang Brasil paling boros memakai tabir surya dengan angka 46 persen. Sementara, Australia dan Spanyol dengan 42 persen. (win/mer/lin)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...