Nawawi Inginkan KPK Punya SP3

Infobmr.com, BOROKO – CALON Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango yang juga Putra Bolmut menyampaikan pandangannya terkait revisi UU KPK. Dirinya setuju UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK perlu direvisi sebagian.

“Saya setuju revisi tidak secara keseluruhan. Terkait SP3 saya setuju,” ujar Namawi dalam uji kelayakan Capim KPK di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Menurut Namawi, penting bagi KPK memiliki kewenangan menghentikan penyelidikan melalui penerbitan SP3. Hal itu dilakukan untuk menjamin kepastian hukum bagi tersangka KPK.

Nawawi yang berprofesi sebagai hakim ini kemudian bercerita pernah menemukan seorang ibu yang terus menerus menjadi tersangka tanpa pernah kasusnya masuk ke tahap persidangan. Bahkan hingga dia mutasi empat kali pengadilan, dia kembali bertemu dengan ibu tersebut, tapi kasusnya belum naik ke persidangan.

Lantas, dia mengutip pernyataan mantan komisioner KPK Indriyanto Seno Aji dan ahli hukum Romli Atmasasmita yang menjadi perumus UU KPK. Menurut Indriyanto dan Romli bahwa filosofi tidak adanya SP3 di KPK hanya agar KPK berbeda dengan lembaga penegak hukum lainnya. Padahal, kata dia, kalau merujuk kepada KUHAP, SP3 diperlukan untuk memberikan kepastian hukum.

“Filosofinya ini berirama dengan asas kepastian hukum. Seseorang harus diberikan asas kepastian hukum, keadilan dan kepatutan hukum. Jangan gantung” ucap Nawawi.

Sumber : Tirto.id, Mediaindonesia.com

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Awas Virus Joker, Segera Hapus 24 Aplikasi Ini dari Ponsel Android Anda

Infobmr.com, TEKNO – Perangkat Android kembali mendapat ancaman serangan program ...