Kapolri Jenderal Badrodin Haiti (sumber : viva.co.id)

Kapolri : Beras Sintetis Tidak Terbukti

(Info BMR) Jakarta – Beras Sintetis yang sempat menghebokan waraga sepekan terakhir dinyatakan tidak terbukti. Hasil uji Lab tiga lembaga, yakni badan pengawasan Obat dan Makanan, Kementrian Perdagangan, Serta Pusat Laboratorium Forensik Badan Reserse Kriminal Pori menyimpulkan bahwa tidak ada senyawa plastic pada sampel beras tersebut.

Seperti yang dilansir oleh media Tempo.Co selasa (26/5) Kepala Kepolisian RI. Jenderal Badrudin  Haiti mengatakan hasil uji laboratorium terhadap sampel beras diduga plastic yang diambil di Bekasi, Jawa Barat dinyatakan tidak terbukti.
“Pemeriksaan di Pusat Laboratorium Forensik, BPOM, dan Kementerian Perdagangan negatif, tidak ditemukan adanya unsur plastik dalam beras itu,” kata Badrodin di Kantor Presiden, Selasa, 26 Mei 2015.
Menurut Badrodin, proses uji lab yang dilakukan empat lembaga itu menggunakan dan sampel yang sama. “Namun hasilnya berbeda,” katanya.

Dia menjelaskan, perbedaan itu disebabkan adanya perbedaan interpretasi analisis. Misalnya, ucap dia, Sucofindo menggunakan analisis kuantitatif. “Tanpa dilakukan konfirmasi dengan senyawa baku dari bahan plastik yang terkandung di dalam sampel,” ujar Badrodin.

Penyebab lain, adanya kontaminasi pada peralatan di laboratorium ketika menganalisis contoh beras. “Tindakan selanjutnya tentu kami akan diskusikan dengan peneliti di laboratorium masing-masing karena metodenya sama,” tuturnya.
Badrodin berharap masyarakat tidak resah dengan isu peredaran beras plastik tersebut. “Beras yang diduga plastik itu ternyata tidak ada. Saya mengimbau masyarakat untuk tidak resah. Kalau ada yang dicurigai, silakan dilaporkan,” katanya. (reza/dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Merokok Saat Berkendara Dipidana 3 Bulan Penjara

Infobmr.com, Life Style – Banyak para pengguna jalan yang mengeluhkan ...