Presiden Republik Indonesia Ir. Hi. Joko Widodo

Jokowi Dilarang Angkat Menteri Pengacau

Infobmr.com, NUSANTARA –  Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mendapat masukan dalam memilih menteri-menteri di kabinet periode kedua. Satu catatan penting: jangan angkat menteri pengacau.

Hal itu disampaikan oleh anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Ahmad Syafii Maarif (Buya Syafii). Buya Syafii bertemu dengan Jokowi dan sempat membahas kabinet di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019).

“(Bahas) Soal menteri, pilih kabinet yang bagus, yang betul-betul. Dari partai juga boleh, tapi orang yang profesional, punya integritas. Itu saja,” ujar Buya Syafii.

Buya Syafii tidak mempermasalahkan komposisi kabinet Jokowi, asalkan memiliki integritas. Buya Syafii memberi catatan, menteri yang dipilih Jokowi tidak membuat gaduh.

“Presidennya tahu, jadi ada persoalan integritas, kompetensi, profesionalisme. Boleh dari partai, nggak apa-apa, tapi yang setia kepada presiden. Jangan yang bikin kacau,” kata Buya Syafii.

Bukan kali ini saja mantan Ketum PP Muhammadiyah tersebut memberi masukan soal kabinet Jokowi. Apa saran Buya Syafii sebelumnya?

Buya Syafii pernah memberi saran saat diwawancarai di kediamannya di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (15/8/2019).

Menurutnya, Jokowi perlu memilih menteri yang paham persoalan, dan para menterinya harus kompak. Jangan ada yang malah saling cekcok.

“Menurut saya antara satu menteri dengan menteri yang lain itu jangan cekcok. Seperti kemarin Menteri Pertanian dan Perdagangan ya toh, itu kan nggak sehat itu… Antara Luhut juga dengan Susi, itu kan nggak sehat. Dalam hal ini presiden harus tegas,” tuturnya.

“Presiden ini kan sudah enak, periode kedua toh. Periode kedua katanya dia nggak punya beban, ya wujudkan nggak punya beban itu. Dan partai politik saya rasa perlu memunculkan orang-orang, kader mereka yang benar-benar mau memperbaiki negara ini,” sambung Buya Syafii.

Jokowi sendiri pernah mengungkap desain kabinetnya di periode kedua sebagai presiden. Dari usia, latar belakang, hingga kementerian baru.

Janji Jokowi soal kabinet barunya ini diungkapkan saat pertemuan dengan pemimpin redaksi media massa di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/8/2019). Dalam pertemuan itu, Jokowi tak menyebut secara spesifik nama menteri yang dimaksud.

Sumber : detik.com

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Merokok Saat Berkendara Dipidana 3 Bulan Penjara

Infobmr.com, Life Style – Banyak para pengguna jalan yang mengeluhkan ...