Fit and Proper Test Capim KPK Pekan Depan, Komisi III Utamakan Uji Integritas

Infobmr.com, BOROKO – DPR   akan membacakan surat berisi daftar nama Calon Pimpinan (CAPIM) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang paripurna hari ini. Setelah paripurna, Komisi III akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pekan depan. “Kamis surat dari Presiden terkait pengajuan 10 nama capim KPK akan dibacakan di rapat paripurna DPR. Selanjutnya proses uji kelayakan dan kepatutan akan dilaksanakan di Komisi III. (Fit and proper test) mulai minggu depan,” ujar Anggota Komisi III Arsul Sani kepada wartawan, Rabu (4/9/2019).

Arsul mengatakan ada tiga poin yang akan menjadi fokus penilaian kepada capim KPK. Penilaian tersebut di antaranya integritas, kompetensi dan leadership capim. “(Poin penilaian) Integritas, kompetensi dan leadership,” ujar Arsul.

Dihubungi terpisah, Anggota Komisi III Taufiqulhadi mengatakan 10 nama yang diajukan oleh Presiden Jokowi adalah pilihan terbaik dari ratusan kandidat yang mengikuti seleksi. Taufiq menyebut DPR akan memilih 5 nama berdasarkan kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin KPK.

“Jadi segi apapun mereka semuanya memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin (KPK). Kami hanya memilih 5 orang saja,” ujar Taufiq.

Taufiq menilai 10 nama tersebut adalah pilihan terbaik dari panitia seleksi (Pansel). Sehingga dia percaya, lima nama yang akan terpilih nanti adalah yang terbaik dan mampu memimpin KPK.

“Kami hanya ingin menyisihkan, secara formal kami harus memilih lima. Karena semua telah diseleksi oleh tim Pansel. Ketika diserahkan itu semua sudah baik. Mereka sudah sangat terselektif dan sudah pasti baik, sudah baik, mampu,” lanjutnya.

Presiden Jokowi sudah menyerahkan 10 nama capim melalui surat kepada DPR RI. DPR sudah menerima surat tersebut. Surat dari Jokowi itu kemudian dibahas oleh Badan Musyawarah (Bamus) DPR lalu dibacakan di rapat paripurna.

Adapun sepuluh nama capim KPK hasil seleksi Pansel adalah:

  1. Alexander Marwata, Komisioner KPK
  2. Firli Bahuri, Anggota Polri
  3. I Nyoman Wara, Auditor BPK
  4. Johanis Tanak, Jaksa
  5. Lili Pintauli Siregar, Advokat
  6. Luthfi Jayadi Kurniawan, Dosen
  7. Nawawi Pomolango, Hakim
  8. Nurul Ghufron, Dosen
  9. Roby Arya B, PNS Sekretariat Kabinet
  10. Sigit Danang Joyo, PNS Kementerian Keuangan.

(lir/din)

Sumber : Detik.com

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Awas Virus Joker, Segera Hapus 24 Aplikasi Ini dari Ponsel Android Anda

Infobmr.com, TEKNO – Perangkat Android kembali mendapat ancaman serangan program ...