Jack Ma

Merana Jadi Orang Terkaya Tiongkok, Ini Curhatan Jack Ma

(Info BMR) Jakarta – Ini motivasi bagi guru di Bolaang Mongondow Raya untuk mengikuti jejak Jack Ma, mantan guru Bahasa inggris yang tercatat sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Seperti yang dikutip di detik.com dalam interview dengan CNBC dari CNN Money, Agar bisa menjadi Pendiri perusahaan e-commerce Alibaba, Jack Ma, dinobatkan sebagai orang terkaya di Tiongkok. Ternyata jadi orang terkaya tidak selalu enak.

Ma mengatakan, status dirinya sebagai orang terkaya di Tiongkok menyakitkan. Ini diungkapkannya Kamis (13/11/2014). Ma tidak berencana memiliki perusahaan e-commerce untuk jadi kaya.

Saat ini, status terkaya yang disandang Ma jadi masalah. “Ini sangat menyakitkan, karena bila Anda menjadi orang terkaya di dunia, orang-orang mengelilingi Anda untuk uang,” kata Ma.

Pada kesempatan itu Ma mengatakan, dia ingin agar orang tidak melihatnya karena uang. “Orang melihat Anda berbeda. Saya ingin mereka melihat saya sebagai pengusaha, saya ingin menjadi diri sendiri,” jelas Ma.

Mantan guru bahasa Inggris ini mengatakan, dia tidak tidak melihat bagaimana pergerakan saham perusahaannya. Meskipun penjualan saham Alibaba di bursa Wall Street mencetak rekor senilai US$ 25 miliar.

Karena penjualan saham lewat mekanisme Initial Public Offering (IPO) ini, kekayaan Ma diperkirakan mencapai US$ 25,4 miliar atau sekitar Rp 300 triliun. 

“Saat Anda mendapatkan uang sebanyak itu, ini merupakan kepercayaan yang diberikan orang. Agar uang tersebut digunakan secara efisien. Ini tantangan besar,” jelas Ma.

“Saya mencoba untuk terus bahagia. Karena bila saya tidak bahagia, rekan-rekan saya jadi tidak bahagia, pemegang saham juga tidak bahagia, demikian juga dengan pelanggan,” tutur Ma.

Seperti pepatah lama, ada yang tidak bisa dibeli dengan uang, itu adalah kebahagiaan.(dnl/ang/lin) 

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...