© Seorang tentara Irak di Mosul pada hari Sabtu. Gambar: TOPSHOT-IRAQ-KONFLIK-MOSUL

Anggota Dinas AS Tewas Di Irak Utara

Infobmr.com – Seorang pemimpin peleton tentara tewas oleh sebuah alat peledak improvisasi di luar Mosul, kata beberapa pejabat militer Amerika, dikutip dari NBC News, Minggu (1/5/2017)

Prajurit itu, Letnan Satu Weston Lee (25), dari Bluffton, Georgia, tewas saat sedang berpatroli

“Lee adalah seorang pemuda dan perwira yang luar biasa, dia juga tipe pemimpin yang pantas untuk pasukan payung kita,” kata Kolonel Pat Work, dari Tim Combat Brigade Divisi 2.

Kematian Lee menandai kematian militer AS yang kedua sejak dimulainya operasi Mosul melawan ISIS lebih dari enam bulan yang lalu. Pada bulan Oktober, hanya beberapa hari setelah operasi untuk merebut kembali Mosul diluncurkan secara resmi, Petty Officer Angkatan Laut Jason C. Finan (34), dari Anaheim, California, meninggal karena luka-luka yang diderita dalam serangan bom pinggir jalan di utara Mosul.

Finan adalah bagian dari tim penasihat yang membantu pejuang Kurdi Irak yang dikenal sebagai Peshmerga.

Pentagon telah mengakui bahwa lebih dari 100 pasukan Operasi Khusus AS beroperasi dengan unit Irak di dalam dan sekitar Mosul, dengan lebih dari 200 pendukung memainkan peran dalam pangkalan lebih jauh dari garis depan.

Kematian Lee juga menandai kematian tempur kelima di Irak sejak Amerika Serikat melancarkan operasi militer melawan ISIS pada bulan Agustus 2014.

Para pejuang ISIS mulai tumbuh berkuasa di Irak pada awal 2014 di negara bagian barat dan pada musim panas 2014 menyapu sebagian besar negara tersebut.

Sejak awal kampanye AS, jumlah tentara AS di Irak terus berkembang.

Sekarang ada lebih banyak pasukan AS di Irak sejak penarikan AS 2011, yang menandai sebuah perang yang mengintensifkan saat pasukan Irak dan koalisi pimpinan AS bekerja untuk mendorong ISIS keluar dari kantong-kantong wilayah terakhir yang dikendalikan oleh ekstremis di Irak. [dan]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...