Menari dapat membalikkan tanda-tanda penuaan di otak

Seiring dengan pertambahan usia, tubuh kita akan mengalami penurunan kebugaran mental dan fisik yang dapat diperburuk oleh kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan (Alzheimer)

Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal akses terbuka Frontiers in Human Neuroscience , menunjukkan bahwa orang tua yang secara rutin mengambil bagian dalam latihan fisik dapat mengembalikkan tanda-tanda penuaan di otak, dan menari memiliki efek paling mendalam.

“menari memiliki efek menguntungkan untuk memperlambat atau bahkan menangkal penurunan terkait usia dalam kapasitas mental dan fisik,” kata Dr Kathrin Rehfeld, penulis utama studi neurodegenerative Penyakit.

Kathrin mengatakan, dalam dua jenis olohraga fisik (menari dan pelatihan ketahanan) berdasarkan studi yang dilakukan dengan memperbandingkan kedua efeck aktifitas tersebut menunjukan bahwa, menari dapat meningkatkan peranan otak yang menurun akibat pertambahan usia.

“Sebagai perbandingan, itu hanya menari yang mengarah ke perubahan perilaku nyata dalam hal peningkatan keseimbangan.”

Studi dilakukan dengan merekrut relawan tua,  usia rata-rata 68, dengan rutinitas belajar tari 1 minggu sekali selama 18 bulan.

Hasil  menunjukkan terjadi peningkatan di wilayah hippocampus otak. Hal ini penting karena daerah ini dapat rentan terhadap berkaitan dengan usia penurunan dan dipengaruhi oleh penyakit seperti Alzheimer. Ini juga memainkan peran kunci dalam memori dan belajar, serta menjaga keseimbangan seseorang.

Sementara penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa latihan fisik dapat memerangi penurunan otak yang berkaitan dengan usia, tidak diketahui jika salah satu jenis latihan bisa lebih baik daripada yang lain. Untuk menilai ini, rutinitas latihan yang diberikan kepada para relawan berbeda. Program pelatihan kebugaran tradisional dilakukan latihan terutama berulang-ulang, seperti bersepeda atau berjalan Nordic, tetapi kelompok tari ditantang dengan sesuatu yang baru setiap minggu.

Kathrin  menjelaskan, “Kami mencoba untuk memberikan senior kami dalam kelompok tari dengan rutinitas tarian yang terus berubah dari genre yang berbeda (Jazz, Square, Amerika Latin dan Dance Line). Langkah-langkah, pola-lengan, formasi, kecepatan dan irama berubah setiap minggu kedua untuk menjaga mereka dalam proses belajar terus-menerus. aspek yang paling menantang bagi mereka adalah untuk mengingat rutinitas di bawah tekanan waktu dan tanpa isyarat dari instruktur.”

Tantangan ekstra diduga untuk menjelaskan perbedaan nyata dalam keseimbangan yang ditampilkan oleh para peserta dalam kelompok menari. Dr Rehfeld dan rekan-rekannya sedang membangun pada penelitian ini untuk program kebugaran baru percobaan yang memiliki potensi memaksimalkan efek anti-penuaan pada otak.

“Saat ini, kami sedang mengevaluasi sistem baru yang disebut ‘Jymmin’ (jamming dan senam). Ini adalah sistem berbasis sensor yang menghasilkan suara (melodi, irama) berdasarkan aktivitas fisik . Kita tahu bahwa pasien demensia bereaksi keras saat mendengarkan musik. Kami ingin menggabungkan aspek menjanjikan aktivitas fisik dan pengambilan musik aktif dalam studi kelayakan dengan pasien demensia.” Terang Kathrin.

Dia percaya, bahwa semua orang ingin menjalani hidup mandiri dan sehat, untuk selama mungkin. Aktivitas fisik merupakan salah satu faktor gaya hidup yang dapat berkontribusi untuk ini, menangkal beberapa faktor risiko dan memperlambat penurunan yang berkaitan dengan usia.

“Saya pikir menari adalah alat yang ampuh untuk mengatur tantangan baru bagi tubuh dan pikiran, terutama di usia yang lebih tua.” Terangnya sembari mejelaskan bahwa penelitian ini jatuh ke koleksi yang lebih luas dari penelitian menyelidiki efek kognitif dan saraf aktivitas fisik dan kognitif seluruh jangka hidup

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...