6 Tipe Diet Yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Infobmr.com, KESEHATAN – Ada banyak cara menurunkan berat badan, salah satunya dengan mengikuti program diet. Tidak bisa sembarang memilih tipe diet, kamu harus menjalani metode yang sesuai dengan kemampuan tubuh.

Baiknya sebelum jalankan program diet, konsultasikan dulu pada ahli nutrisi. Lalu, cara menurunkan berat badan mana yang sesuai dengan kamu? Yuk, cek 6 jenis tipe diet yang dianjurkan para ahli!

  1. Diet Nasi Putih

Kamu pasti sering dengar kalau nasi putih memiliki kadar kalori yang tinggi sehingga bisa menaikkan berat badan secara drastis. Tidak cuma menyebabkan obesitas, nasi putih juga bisa menaikkan kadar gula darah sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Memang tubuh masih membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Anda bisa mengganti kebutuhan ini dengan mengonsumsi karbohidrat lepas lambat yang membuat kenyang lebih lama serta memiliki IG (indeks glikemik) rendah. Beberapa diantaranya seperti oat, quinoa, atau sereal jagung.

  1. Diet Keto

Baru-baru ini tipe diet keto menjadi populer, namun masih banyak yang belum tahu apa itu diet keto. Diet keto adalah diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak.

Tujuannya mengonsumsi lemak (dengan jumlah asupan protein sedang) agar tubuh mencapai kondisi ketosis, yaitu ketika tubuh memproses lemak sebagai sumber energi.

Bagi Anda yang tertarik mengikuti diet ini sebaiknya lakukan di bawah pantauan dokter. Dilansir dari Health Line, diet keto dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 1.

  1. Diet Dukan

Cara menurunkan berat badan selanjutnya dengan menjalankan program diet dukan. Diet ini dijalankan dengan cara mengubah menu makan. Kamu dianjurkan untuk menekan asupan karbohidrat dan lemak, kemudian konsumsi makanan yang kaya akan protein.

Dalam diet dukan, kamu bisa memilih menu sesukamu selama makanan tersebut masuk dalam daftar 100 menu yang terdiri dari 72 sumber hewani dan 28 sumber nabati.

Meskipun efektif menurunkan 4-5kg selama seminggu, diet dukan ini memiliki efek samping. Tubuh kehilangan massa otot dan cairan yang bisa menyebabkan kelelahan, bau mulut, sampai kerusakan organ ginjal.

  1. Diet Mayo

Diet mayo umumnya berlangsung selama 13 hari. Jadi, selama melakukan diet mayo, makanan yang diolah tidak menggunakan garam ataupun beragam makanan asin lainnya. Puasa garam ini dapat membuat kamu kehilangan cairan sehingga berat badan turun secara signifikan.

Pastikan imbangi dengan minum air putih yang banyak agar tubuh tidak lemas.

  1. Diet OCD (Intermittent Fasting)

Kalau kamu baru memulai OCD (Obsessive Combuzier’s Diet) atau dulu dikenal dengan sebutan intermittent fasting, kamu boleh makan selama kurun waktu 8 jam, yang nantinya waktu makan akan berkurang menjadi 6 jam bahkan 4 jam saja.

Di luar waktu makan tersebut, kamu akan berpuasa dan hanya boleh minum air putih saja. Tak heran diet ini memberikan dampak positif untuk tubuh kamu. Yang paling menyenangkan, peminat diet OCD bisa makan makanan kesukaannya selama jam makan.

  1. Diet Vegetarian

Jika tertarik untuk menjalani hidup sehat, kamu mungkin bisa mencoba diet vegetarian. Tidak hanya bisa menurunkan berat badan, orang yang memutuskan menjadi vegetarian mengaku menjadi lebih fresh.

Ada beberapa jenis vegetarian diantaranya mereka yang tidak makan telur dan mengonsumsi susu, atau justru sebaliknya. Bagi kamu yang masih ingin mengonsumsi susu dan produk olahanya sebaiknya memilih susu yang rendah lemak.

Jadi, selalu kontrol asupan yang masuk ke dalam tubuh dan jangan lupa konsultasikan pada dokter agar hasil maksimal.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Awas Virus Joker, Segera Hapus 24 Aplikasi Ini dari Ponsel Android Anda

Infobmr.com, TEKNO – Perangkat Android kembali mendapat ancaman serangan program ...