Kenaikan Harga Rumah di Surabaya Tertinggi se Indonesia

Infobmr.com, SURABAYA – Berdasarkan survei Bank Indonesia, pada kuartal pertama 2018 kenaikan harga rumah di Surabaya merupakan yang tertinggi di Indonesia, tercatat kenaikan harga rumah di Kota Pahlawan tersebut naik sebesar 7,1% jika dibandingkan dengan kuartal IV 2017. Atau naik sekitar 6,64 % jika dibandingkan tahun 2017 dikuartal dua.

Kenaikan harga rumah tersebut terjadi di semua tipe rumah, baik ukuran kecil, sedang ataupun besar. Sekedar catatan, harga rata-rata rumah dijual di Surabaya sendiri saat ini mencapai Rp 2 miliar (tipe besar).

Salah satu faktor yang membuat mengapa harga rumah di Surabaya mengalami kenaikan adalah masifnya pembangunan infrastruktur, contoh seperti pembangunan proyek frontage road sisi barat (jalur penyangga di Jl. Ahmad Yani), Middle East Ring Road (MERR II-C), Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) dan Jalur Lingkar Luar Timur (JLLT).

Sementara itu dari sisi konsumen, fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tetap menjadi sumber pembiayaan utama bagi konsumen dalam melakukan pembelian properti residensial. Hasil survei Bank Indonesia mengindikasikan bahwa sebagian besar konsumen (75,21%) menggunakan fasilitas KPR untuk membeli properti residensial, kemudian 16,13% dengan tunai bertahap dan 8,66% dengan metode pembayaran tunai.

Menurut Anton Sitorus, Director of Research & Consultacy Savills, salah satu wilayah di Surabaya yang saat ini banyak diincar oleh pencari properti adalah area Surabaya Timur, hal ini disebabkan karena di sana terdapat banyak dibangun universitas terkemuka.

“Harga rumah dijual di wilayah Surabaya Timur juga saat ini lebih murah dibandingkan dengan wilayah lainnya di Surabaya yang telah eksis seperti Surabaya bagian barat,” kata Anton.

Anton juga mengatakan, Surabaya timur belakangan mulai dilirik oleh para investor properti karena di sana telah tumbuh subur berbagai proyek properti baru dibandingkan dengan kawasan lainnya, mulai dari rumah tapak hingga apartemen.

“Potensi pertumbuhan harga properti di Surabaya timur juga tidak kalah tinggi jika dibandingkan di kawasan Surabaya lainnya yang telah mapan,” kata Anton. [dan]

Kenaikan Harga Rumah di Surabaya Tertinggi se Indonesia

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...