Batu Akik Tobiho Menggoda

Melirik Demam Batu

DEMAM batu akik yang melanda seantero negeri di awal tahun 2015 menular hingga ke daerah ini. Tak hanya sekedar mengoleksi batu yang sudah berbentuk perhiasan cincin atau kalung, tapi juga terobsesi mencari batu yang belum diolah pun menjadi gaya baru para penggemar batu akik.

LAPORAN : RIDWAN, Desa  Tote, Bolangitang Barat

Sebut saja di lokasi perkebunan Tobiho yang terletak di Desa Tote Kecamatan Bolangitang Barat. Perkebunan itu  menjadi incaran pencari batu akik dari berbagai tempat di Bolmut bahkan dari luar Bolmut. Ketertarikan mereka mencari batu akik Tobiho lantaran motif batu tersebut amat cantik. Bisa  bersaing dengan motif-motif seperti kecubung, bacan.

Menurut keterangan Meldi Polinte, seorang Warga Desa Tote, bahwa pada hari Sabtu dan Minggu banyak pengunjung yang datang ke lokasi perkebunan Tobiho untuk mencari Batu akik. Jenis Batu akik yang ditemukan di Tobiho, memang tak kalah dengan kualitas Batu akik yang ditemukan di daerah lain, hal ini menarik minat pengrajin perhiasan Batu akik untuk datang ke Tobiho.

Ka Udin, pengrajin asal Gorontalo mensgaku sengaja datang ke desa  Tote untuk mencari batu Tobiho datang membuka tempat kerajinan batu akik. “Kualitas batu ini lumayan bisa bersaing dengan batu berkelas lain seperti jenis bacan dan Obi,”kata Udin. Harga batu jenis Tobiho yang telah dibuat menjadi perhiasan seperti cincin  relatif terjangkau. Ada yang dijual Rp 150 ribu sampai Rp 300  ribu.**

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...