Tiga Putra Kaidipang “Taklukan” Pinogu

Infobmr.com, GORONTALO – Pinogu, yang diyakini sebagai Gorontalo Tua atau Tanah/negeri Para Leluhur masyarakat Gorontalo itu letaknya berada jauh di tengah hutan rimba Kabupaten Bone Bolango. Tempat itu dipercaya sebagai perkampungan yang menjadi ibu dari semua suku dan daerah yang berada jauh dibawahnya.

Akses menuju perkampungan tersebut sangat sulit ditempuh. hanya ada dua jalur yang bisa dilewati untuk mencapainya. Orang biasa menyebutnya jalur dekat dan jalur jauh. Jalur dekat adalah jalur yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, dengan jarak tempuh ± 33 Km, atau ± 6 jam perjalanan menyusuri hutan rimba. Sedangkan jalur panjangnya berjarak ±60 Km, dan bisa ditempuh dengan menggunakan jasa ojek, dengan biaya sebesar Rp. 250.000,-

Dengan adanya momen ‘Jungle Trekking Competition’ Tulabolo-Pinogu yang bertajuk pesona Pinogu 2017, oleh Dinas Pariwisata Kab. Bone Bolango, Jumat (14/4/2017) lalu, tiga putra Kaidipang itu bergabung dengan 39 tim peserta iven tersebut.

Ketiganya berhasil mencapai tanah leluhur Gorontalo itu adalah, Suaib Bolota (asal Desa Kuala induk), Canri Datukramat (asal Desa Soligir ) dan Chriswanto Gite (asal Desa Kuala Utara).

“Perjalanan menuju Pinogu, bagi saya pribadi, dimotivasi oleh beberap faktor, yang pertama, karena merasa tertantang dan penasaran, karena kami banyak mendengar soal medan menuju Pinogu ini, dan yang ke dua adalah karena ada nilai tersendiri bagi saya untuk datang ke tempat bersejarah, apalagi yang namanya induk dari sebuah propinsi, Gorontalo, yang saya kira tidak kecil ini” tukas Suaib Bolota, Mahasiswa asal Kaidipang yang bercita-cita menjadi seorang budayawan ini.

Dari pengakuan ketiganya, perjalanan menuju Pinogu sangat menguras energi, karena, selain jauh dan panjang jarak tempuhnya, juga memiliki karakteriskit pegunungan yang terdiri dari tanjakan dan turunan, yang terjal maupun yang landai, serta karakteristik hutan rimba yang terdiri dari banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi di dalamnya. [uyo]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...