Wakil Bupati Bolsel Buka Festival Tolrangka (Photo : Ridwan Lasamano)

Wakil Bupati Bolsel Buka Festival Tolrangka

Laporan : Ridwan Lasamano

Infobmr.com, MOLIBAGU – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)melalui Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (baca : DPEK), menggelar kegiatan Festival Budaya Tolrangka, rabu (14/12/2016)

Kegiatan yang digelar di halaman mesjid An Nur Desa Popodu ini, dibuka oleh Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, S.Pt

sambutannya Iskandar mengatakan bahwam, Kegiatan ini merupakan agenda rutin Pemerintah Daerah yang dilaksanakan dalam rangka Maulid Nabi.

“Kabupaten Bolsel kaya dengan nilai budaya dari dua etnis, banyak nilai budaya  yang perlu digali ditengah melunturnya warisan budaya yang mulai ditinggalkan, maka perlu ada pembangunan jati diri khas daerah melalui budaya Tolrangka” Ujarnya. 

Selanjutnya Kamaru berharap, agar kegiatan ini diselenggarakan lebih meriah, sekaligus beliau juga mengusulkan agar sajian Tolrangka diserahkan sebagai penghormatan kepada yang menggelar zikir Maulid.

Sementara itu,  ketua Panitia, Resli Paputungan yang juga Kepala DPEK dalam laporannya menyampaikan bahwa festival ini bertujuan untuk menggali potensi keluhuran  Budaya yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan untuk selanjutnya diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat, Silaturrahmi antara pemerintah dan masyarakat, Sebagai wadah promosi potensi wisata budaya daerah dan Sebagai ajang bersama membangun kebudayaan.

Tolrangka sendiri merupakan kegiatan Budaya dalam momen Maulid Nabi Muhammad, yang dikemas dalam bentuk acara budaya dengan menampilkan segala jenis penganan khas Bolaang Mongondow Selatan yang diarak menggunakan mobil, kegiatan ini merupakan rangkaian dari Zikir Maulid yang dilaksanakan di Masjid-masjid.

Selain itu, kegiatan ini juga melombakan sajian Tolrangka dengan Peserta dari SKPD, Kecamatan dan Desa.**

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...