Tim Investigasi Sungai Dumagin Dibentuk

(Info BMR) MOLIBAGU – Sekira dua pekan terakhir ini, kondisi di Desa lingkar tambang sudah mulai kondusif. Kendati begitu, Pemda Bolsel terus menindak lanjuti soal dugaan tercemarnya Sungai Dumagin. Pemda sendiri telah membentuk tim investigasi yang ditugaskan menyusuri sungai mulai dari hulu hingga ke muara. Tudingan bahwa sungai tersebut tercemar limbah cair Sianida (Cn) sudah mulai terjawab.

Dari hasil uji laboratorium sampel air sungai menunjukkan hasil yang negatif. Kandungan sianida dan mercury masih di bawah ambang batas, yakni 0,005 mg/L. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) daerah, Pemkab Bolsel juga masih menunggu hasil uji laboratorium dari BLH Provinsi sebagai perbandingan. Kata Kepala BLH, Herry Montol, hasil uji sampel BLH Provinsi belum keluar.

“Mungkin satu atau dua hari lagi,” kata Montol. Selain uji sampel lewat laboratorium, Pemda Bolsel juga membentuk tim investigasi gabungan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Ini untuk membuktikan, jika sungai itu benar-benar tercemar oleh limbah perusahaan (JRBM) pasti di sepanjang sungai itu banyak biota lain yang mati (tidak hanya ikan muara),” terang Bupati Hi Herson Mayulu S.IP. Lanjut Mayulu, jika hasil investigasi tim dan hasil uji sampel laboratorium BLH Provinsi kembali negatif (tidak terbukti tercemar limbah perusahaan), maka kuat dugaan kematian ikan-ikan di sungai Dumagin atas perbuatan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dan sengaja ingin memprovokasi dan meresahkan masyarakat lingkar tambang.

“Kita tunggu saja hasilnya. Jika negatif, langsung ditangani pihak yang berwajib. Dan ini tidak akan lama. Pasti akan ketahuan,” jelas Mayulu. Karena itu, Bupati kembali menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dan terpancing dengan isu-isu miring yang tujuannya hanya untuk memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat. (tr-03)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Andalkan Layanan Triple Play, Masyarakat Boroko Segerah Nikmati IndiHome

Infobmr.com, BOROKO –  Tidak lama lagi , Masyarakat Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, segerah menikmati ...