Riston: Pemkab Bolmong Jangan Berbohong

Terkait Kepastian Bandara(Info BMR) MOLIBAGU—Simpang siurnya penetapan lokasi pembangunan Bandara  di bumi Bolmong Raya  mendatangkan  tanda  tanya  besar. Saling klaim antara 2 kabupaten, Bolmong dan Bolmong Selatan santer  terjadi. Sementara kepastian soal pembangunan Bandar Udara (Bandara) di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR), belum ada keputusan dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Sebelumnya, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong beberapa waktu lalu mengklaim bahwa sudah mendapat persetujuan dan penetapan dari Kemenhub.

Namun kebenaran soal persetujuan dan penetapan itu dibantah langsung oleh Kepala Biro Perencanaan Kemenhub, Lukman Laisa, saat melakukan pertemuan dengan Bupati Bolsel, Hi Herson Mayulu, bersama Anggota DPRD Bolsel, Riston Mokoagow, serta Kadis Perhubungan Bolsel, Ali Paputungan. Dihadapan perwakilan Pemkab Bolsel, Lukman Laisa mengungkapkan, saat ini hasil fisability study (studi kelayakan) dari konsultan dua daerah, yakni Bolsel dan Bolmong sudah di evaluasi oleh kementrian. “Jadi tinggal menunggu penetapan Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan,” ujar Lukman, kemarin. Lanjut Laisa, tidak benar jika Kemenhub sudah setuju pembangunan bandara di Kabupaten Bolmong. Belum ada penetapan dan saat ini masih menunggu. “Mereka ke Kementrian melalui siapa?,” kata Laisa.

Ditempat yang sama Nafan Sahroni, Kasubid Tata Bandara mengatakan, dari hasil evaluasi kementrian yang layak membangun bandara adalah Kabupaten Bolsel. “Tidak benar jika sudah ada persetujuan. Bolsel sudah layak, tapi kita tinggal menunggu persetujuan saja dari Menhub,” jelas Nafan. Sementara itu, anggota DPRD Bolsel, Riston Mokoagow menyayangkan pernyataan Pemkab Bolmong yang terkesan membohongi masyarakat. “Pemkab Bolmong jangan berbohong, apalagi sudah mengeluarkan pernyataan di sejumlah media. Buktinya sampai sekarang belum ada persetujuan dari Kementrian Perhubungan soal pembangunan bandara. Sebaiknya tunggu saja tanpa harus bicara sana-sini yang tak jelas dari mana sumbernya,” tegas Riston.

Disisi lain, Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu, usai melakukan pertemuan di Kemenhub mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil penetapan soal pembangunan bandara. “Belum ada penetapan. Saya sendiri saat ini berada di kementrian. Jadi kita tetap menunggu karena ini untuk kepentingan masyarakat ,” jelas Mayulu via telepon selulernya. (tr-03)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Andalkan Layanan Triple Play, Masyarakat Boroko Segerah Nikmati IndiHome

Infobmr.com, BOROKO –  Tidak lama lagi , Masyarakat Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, segerah menikmati ...