PAN Tak Terima Banparpol

(Info BMR) MOLIBAGU– Lantaran tidak memasukkan Surat PertanggungJawaban (SPJ) penggunaan dana bantuan partai politik (Banparpol) Tahun 2013, Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya tidak bisa menerima Banparpol tahun ini. Menurut Kepala Kantor Kesbangpol Bolsel, Midyan Katili, dari delapan Parpol penerima Banparpol 2013, hanya tujuh yang memasukkan SPJ. Sementara, satu Parpol yang belum memasukan SPJ adalah  PAN. “Sudah disampaikan bahwa persyaratan penerima Banparpol tahun ini, harus melampirkan SPJ penggunaan Banparpol Tahun lalu. Karena itu sudah kami tegaskan bahwa, PAN tidak bisa menerima tahun ini,” kata Katili. Dijelaskannya, pihak PAN sudah berkonsultasi dengan Kesbangpol. Alasan mereka tidak memasukan SPJ, karena terjadi transisi (pergantian) pengurus di tubuh internal partai berlambang matahari terbit ini.

“Kami Kesbangpol tidak terlibat dengan urusan internal setiap Parpol. Yang jelas, PAN tidak membuat SPJ. Sementara salah satu syaratnya harus melampirkan SPJ tersebut. Kami sudah tegaskan kepada mereka dan kami tidak mau berurusan dengan BPK-RI lagi karena temuan atau tidak patuh terhadap aturan,” terang Midyan. Sementara itu, Ketua PAN Bolsel Anhar Yasin sama sekali tidak menampik soal belum SPJ Banparpol 2013.  “Soal SPJ tahun lalu memang tidak dibuat. Soalnya waktu itu ada pergantian pengurus. Dan mengenai itu masih urusan pengurus lama. Saya tidak membuat SPJ karena tidak ada dasar dan tidak tahu menahu soal itu. Tidak mungkin saya mengarang-ngarang soal SPJ,” akunya. Di sisi lain, meski Kesbangpol sudah menegaskan PAN tidak akan dapat jatah Banparpol tahun ini, namun Kata Anhar Yasin, parpolnya masih punya peluang. “Kalau peluang masih ada. Mungkin selanjutnya kita akan konsultasi dengan BPK-RI,” harapnya.

Sekadar diketahui, Banparpol hanya berhak diterima oleh Parpol yang memiliki kursi di DPRD Bolsel. Pada 2013 atau periode lalu (2009-2014), PAN memiliki satu kursi di DPRD Bolsel. Sementara tahun ini PAN memiliki dua kursi. Soal nominal yang diterima setiap Parpol, disesuaikan dengan jumlah suara yang diperoleh. Rumusnya, harga satuan dikalikan dengan jumlah perolehan suara Parpol. (tr-03)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Andalkan Layanan Triple Play, Masyarakat Boroko Segerah Nikmati IndiHome

Infobmr.com, BOROKO –  Tidak lama lagi , Masyarakat Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, segerah menikmati ...