Hasil Lab Dari Propinsi Dipertanyakan

Terkait Dugaan Pencemaran Sungai Dumagin

(Info BMR) MOLIBAGU – Meski hasil uji laboratorium sampel air dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), sudah keluar dan hasilnya menyatakan negatif terjadi pencemaran di sungai Dumagin, namun warga masih menunggu hasil sampel dari pihak Propinsi Sulawesi Utara. Hasil laboratorium dari propinsi akan menjadi bahan perbandingan, dan itu masih di tunggu masyarakat lingkar tambang.

Andika Hasan, aktivis Bolsel mengatakan, seharusnya uji laboratorium yang dilakukan pihak Propinsi saat ini sudah keluar. Jika propinsi belum juga mengeluarkan hasil uji sampel, maka akan semakin memperuncing persoalan.

“Ini cukup aneh dan perlu dipertanyakan. Apa alasan pihak propinsi menahan hasil uji laboratorium. Sudah lebih dua pekan sejak pengambilan sampel hasilnya belum ada. Sementara sampel dari BLH Bolsel, hanya beberapa hari saja keluar hasilnya,” jelas Andika. Lanjutnya, pentingnya hasil laboratorium BLH Propinsi, karena mereka mengambil dua sampel yakni sampel air dan ikan yang mati. “Kalau sampel air yang diambil BLH Kabupaten, hasilnya negatif dari pencemaran zat-zat kimia seperti Sianida (Cn). Tapi yang di tunggu masyarakat saat ini, hasil sampel ikan yang diambil Propinsi,” kata Andika.

Sementara itu, Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu S.IP, belum lama ini mengatakan, pihaknya hingga kini masih menunggu hasil laboratorium BLH Propinsi. “Memang sampel yang diambil BLH Propinsi ada dua macam yaitu sampel air dan ikan. Kita juga masih menunggu hasilnya,” aku Bupati. (tr-03)

 

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Andalkan Layanan Triple Play, Masyarakat Boroko Segerah Nikmati IndiHome

Infobmr.com, BOROKO –  Tidak lama lagi , Masyarakat Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, segerah menikmati ...