Bolsel Tunggu Hibah Provinsi

Terkait Pelabuhan Dudepo

(Info BMR) MOLIBAGU– Pelabuhan Penampung Ikan (PPI) Dudepo, yang ada di Desa Dudepo, Kecamatan Bolaang Uki, belum bisa dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Selatan (Bolsel). Selain itu, Pemkab juga belum boleh menarik retribusi untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal ini dikarenakan pelabuhan yang dibangun dengan anggaran APBN itu belum dihibahkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Pemkab Bolsel sendiri sudah melayangkan permintaan hibah, namun hingga saat ini belum ada jawaban dari pihak Pemprov. Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), Ali Paputungan, saran dari Biro Ekonomi Pemprov, Pemkab Bolsel melalui instansi terkait buat permintaan. “Begitu kami koordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP Bolsel), ternyata sudah dilayangkan. Jadi sekarang tinggal menunggu jawaban,” terang Ali. Diketahui, banyak kelemahan jika pelabuhan tersebut belum dihibahkan. Kendati lokasi pelabuhan tersebut berada di wilayah Bolsel, tapi Pemkab tidak bisa serta-merta menganggarkan lewat APBD. “Selama belum ada hibah, pemkab belum bisa menganggarkan lewat APBD untuk membenahi pelabuhan tersebut,” kata Ali. Begitu juga untuk PAD, sebelum ada hibah dari Pemprov, Pemkab belum punya kewenangan menarik PAD dari sektor tersebut.

Sementara itu, warga Bolaang Uki berharap, agar pelabuhan tersebut bisa secepatnya dibenahi, karena kebutuhan nelayan setiap harinya semakin meningkat. “Bangunannya sudah bisa di tambah lagi, serta kelengkapan infrastuktur lainnya,” pinta Amin Laiya, warga setempat. (tr-03)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Andalkan Layanan Triple Play, Masyarakat Boroko Segerah Nikmati IndiHome

Infobmr.com, BOROKO –  Tidak lama lagi , Masyarakat Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, segerah menikmati ...