Bolsel Masuk Daerah Rawan Bencana

(Info BMR) MOLIBAGU – Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), merupakan salah satu daerah yang rawan bencana. Hal ini di topang dengan letak georafisnya serta morpologi yang berbukit dan tebing tebing yang terjal, sehingga sangat berpotensi longsor. Data yang berhasil dihimpun menyebutkan, wilayah Bolsel, setiap tahunnya potensi bencana semakin meningkat. Hal itu desebabkan pembabatan hutan secara liar, sehingga terjadi sedimentasi yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Di Bolsel sendiri hampir setiap desa di lalui sungai. Sehingga apabila curah hujan tinggi sangat berpotensi terjadi banjir. Lima Kecamatan di Bolsel merupakan rawan banjir dan tanah longsor. Bahkan, Desa Lion Kecamatan Posigadan, yang dulunya tidak pernah banjir, sekarang sudah dirambah banjir. Tak hanya banjir dan tanah longsor yang menjadi ancaman di tanah Totabuan selatan, namun angin puting beliung juga merupakan ancaman yang serius di Bolsel. Beberapa waktu lalu, terjangan puting beliung telah memporak porandakan sejumlah desa yang ada di Bolsel.

“Biasanya di bulan Desember ancaman angin puting beliang cukup mengkuatirkan masyarakat. Tahun lalu beberapa rumah warga rusak, akibat hantaman puting beliung,” kata Muri Mamonto, warga Pinolosian.

Desa-desa yang rawan bencana di wilayah Bolsel (Sumber : BPBD Bolsel)

Desa-desa yang rawan bencana di wilayah Bolsel (Sumber : BPBD Bolsel)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolsel, Yamin Ismail, mengatakan, memasuki musim penghujan warga diharapkan untuk selalu waspada terhadap kemungkinan ancaman banjir, longsor dan angin puting beliung. Sebab, di Bolsel sendiri terdapat beberapa titik daerah yang rawan bencana alam. “Kini sudah masuk siklus tahunan musim penghujan. Diharapkan agar warga tetap meningkatkan kewaspadaan,” pinta Yamin. (tr-03)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Cara Menghapus Pesan WhatsApp Yang Salah Kirim

Infobmr.com, TEKNOLOGI – WhatsApp akhirnya merilis fitur yang sudah dinantikan banyak penggunananya. Fitur ini memungkinkan ...