Bolsel Disibukkan Pesta Pilsang

(Info BMR) MOLIBAGU—Menjelang akhir tahun 2014, Bolmong Selatan disibukkan dengan pesta pemilihan Sangadi (Pilsang) disejumlah desa. Ada 5 kecamatan yang fokus pada pelaksanaan Pemilihan Sangadi/Kepala Desa (Pilsang). Pilsang itu akan digelar karena masa Sangadi sudah berakhir masa periode. Ada pula pengisian jabatan yang kosong dan sebagian lagi karena perubahan status dari desa persiapan menjadi desa definitif.

Dari data yang berhasil dihimpun menyebutkan, sedikitnya 12 desa (lihat grafis) sudah selesai menggelar pemilihan dan calon sangadi terpilih tinggal menunggu pelantikan. Pekan ini kembali akan digelar seleksi calon sangadi untuk empat desa. Yaitu Desa Torosik dan Tobayagan (Pinolosian Tengah), Iloheluma dan Botuliaodu (Posigadan).

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem), Toce Mayulu melalui salah satu Kasubagnya, Sukri Van Gobel mengatakan, banyaknya desa yang menggelar Pilsang akhir tahun ini karena masa jabatan Sangadi sudah 6 tahun (akhir periode). Selain itu ada juga pengisian, sebab beberapa desa Sangadinya terpilih menjadi anggota DPRD pada Pemilu baru-baru ini. “Ada sejumlah desa persiapan (baru mekar) yang naik status menjadi desa definitif. Otomatis harus dipimpin Sangadi definitif,”beber Sukri.

“Sebenarnya ada yang sudah berakhir di bulan April sampai September. Tapi ada momen Pemilu dan Pilpres. Sehingga Pilsang dipending. Karena aturannya tidak boleh menggelar pilsang atau kegiatan lain yang serupa bersamaan dengan Pemilu dan Pilpres,” tambahnya. Soal pelantikan Sangadi terpilih, Tapem masih menunggu petunjuk Bupati. Bisa jadi dilantik bersama-sama, bisa juga tidak.(tr-03)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Andalkan Layanan Triple Play, Masyarakat Boroko Segerah Nikmati IndiHome

Infobmr.com, BOROKO –  Tidak lama lagi , Masyarakat Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, segerah menikmati ...