ahhh..assoi, Biar jo ini qta pe hajat, BLH anggap Zianida

Bakteri E-Coli Ditemukan

Hasil Lab BLH Bolsel

(Info BMR) MOLIBAGU–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Selatan (Bolsel), hingga kini masih menunggu hasil uji laboratorium sampel air Sungai Dumagin dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Propinsi. Hal Ini dilakukan terkait dugaan warga bahwa Sungai tersebut sudah tercemar limbah PT. J Resources Bolaang Mongondow (JRBM).

Dari hasil pemeriksaan Laboratorium, kandungan sianida dan mercury masih di bawah ambang batas, yakni 0,005 mg/L. Sementara syarat sesuai ketentuan, kandungan sianida dan mercury paling tinggi 0,2 mg/L. yang artinya kandungan tersebut negatif.

Menurut Kepala BLH Bolsel, Herry Montol, karena belum keluar hasilnya oleh BLH Propinsi atas perintah Bupati Hi Herson Mayulu S.IP, BLH Bolsel membangun komunikasi dan aktif berkoordinasi dengan BLH Propinsi, mendesak agar hasil tes laboratorium segera dikeluarkan.

“Kami kawal terus. Sudah beberapa hari ini saya ke Manado menanyakan soal hasil uji laboratorium di BLH Provinsi. Namun, sampai sekarang katanya masih dalam proses. Mungkin satu atau dua hari ini,” terang Herry. Sementara itu, Bupati Bolsel turut membenarkan pernyataan Kepala BLH. Mayulu, minta kepada BLH provinsi segera mungkin mengeluarkan hasil uji laboratorium. “Jika proses uji sampel sudah selesai, kami minta agar segera dikeluarkan hasilnya,” kata Mayulu.

Bupati juga membenarkan bahwa kandungan zat kimia seperti Sianida dan merkury masih di bawah ambang batas. Tapi di sisi lain dikatakannya, hasil uji laboratorim versi BLH Bolsel, menunjukkan ada satu kandungan yang agak tinggi. “Ada satu kandungan yang agak tinggi, yaitu bakteri E-coli. Jenis bakteri ini biasanya banyak di kotoran manusia,”. Terangnya (tr-03)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Andalkan Layanan Triple Play, Masyarakat Boroko Segerah Nikmati IndiHome

Infobmr.com, BOROKO –  Tidak lama lagi , Masyarakat Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, segerah menikmati ...