Serapan Anggaran Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Jongkok

Astaga Penghujung 2014, Serapan SKPD Parah

(Info BMR) MOLIBAGU—Bupati Bolaang Mongondow Selatan Herson Mayulu SIP dipastikan akan meradang apabila melihat tingkat serapan kabinetnya. Betapa tidak dipenghujung tahun 2014 SKPD di jazirah selatan itu baru bermain di tataran 19-38%. Seharusnya, serapan para SKPD itu sudah bermain dilevel 60-70%.

Data yang diperoleh menyebutkan ; Dinas Kesehatan di Tri Wulan IV baru merangkak di poin 19%. Posisi Dinkes itu disusul Dinas Pendidikan Pemuda dan dan Olahraga yang baru dilevel 27 %, menyusul Dishutbun 31 %, Bappeda dan BLH 35 %, ESDM 37 %, Badan Pemberdayaan Perempuan, KB dan PA 38 % dan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah 48 %.

Menurut Kabag Pembangunan Setda, Prianto Paputungan, realisasi anggaran hingga November masih disusun dan menunggu laporan dari semua SKPD. “Nanti datanya akan kita laporkan ke provinsi,” terang Paputungan kemarin. Melihat presentasinya, secara keseluruhan, serapan anggaran masih sangat rendah. Pemerhati Bolsel Zainal Van Gobel mengatakan, seharusnya perlu ada evaluasi kinerja di masing-masing SKPD. “Terutama kepala dinasnya, disatu sisi ada yang salah,” terang Zainal. Lanjutnya, pengawasan perlu dipertegas, jangan-jangan penyebabnya karena ketidakmampuan kepala dinas yang notabene pengguna anggaran dalam menjalan program. “Bupati perlu mengevaluasi kinerja bawahannya. Memasuki akhir tahun seharusnya serapan anggaran sudah diatas lima puluh persen,” kata Zainal.

Dari pengakuan salah satu pejabat Bolsel, minimnya serapan anggaran, salah satu penyebabnya karena petunjuk teknis penggunaan dana DAK terlambat keluar. ” Itu salah satu faktor keterlambatan serapan anggaran di SKPD,” aku salah satu pejabat yang enggan namanya ditulis. (tr-03)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Cara Menghapus Pesan WhatsApp Yang Salah Kirim

Infobmr.com, TEKNOLOGI – WhatsApp akhirnya merilis fitur yang sudah dinantikan banyak penggunananya. Fitur ini memungkinkan ...