2015 Desa-Desa Bolsel ‘Mandi’ Duit

(Info BMR) MOLIBAGU – Pemerintah desa merupakan ujung tombak yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Karena itu, ke depan pemerintah pusat lebih memprioritaskan pembangunan di desa. Hal ini juga yang dipraktekkan Bupati Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu S.IP.

“Dengan diberlakukannya Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, posisi desa menjadi sangat strategis. Terbukti dalam kabinet Jokowi-JK dibentuk Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi,” kata Bupati. Lanjutnya, 2015 mendatang, banyak program pembangunan di desa. Terutama proyek infrastruktur seperti jalan tani, jalan kebun, jembatan, saluran drainase dan fasilitas umum lainnya. Tak hanya itu, kendati program pemerintah pusat Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 1 miliar satu desa belum diterapkan sepenuhnya, namun alokasi dana untuk ADD di Kabupaten Bolsel mengalami kenaikan yang sangat drastis. Dimana Pemkab Bolsel juga menaikkan Tunjangan Pedapatan Aparat Pemerintah Desa (TPAPD).

Jika Total ADD 2014 hanya sekira Rp 7,5 miliar, maka tahun depan naik menjadi Rp 17,5 miliar (termasuk APBD Rp 2,6 miliar). Sementara itu, TPAPD yang biasanya Kepala Desa (Sangadi) Rp. 1.750.000 per bulan, tahun depan akan naik menjadi Rp.1.900.000 per bulan.

TPAPD Kabupaten Bolsel (Sumber : BPMD Bolsel)

TPAPD Kabupaten Bolsel (Sumber : BPMD Bolsel)

“Karena itu kami berharap kinerja aparat desa juga harus lebih ditingkatkan. Apalagi ke depan peran mereka sangat strategis,” terang Alsyafri Kadullah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Bolsel. Beberapa Kepala Desa di Bolsel saat dikonfirmasi mengaku senang, dengan dinaikan gaji mereka.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya ketambahan gaji. Hal ini dapat memacu kinerja untuk pembangunan desa yang lebih baik,” ungkap sejumlah Sangadi. (tr-03)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Cara Menghapus Pesan WhatsApp Yang Salah Kirim

Infobmr.com, TEKNOLOGI – WhatsApp akhirnya merilis fitur yang sudah dinantikan banyak penggunananya. Fitur ini memungkinkan ...