Wawan : Penyaluran Bantuan Akhir Studi Diduga Pilih Kasih

(Info BMR) BOROKO – Bantuan Akhir Studi yang di anggarkan melalui APBD Bolaang Mongondow Utara 2014 diduga pilih kasih. Pasalnya anggaran bantuan terhadap mahasiswa Bolaang Mongondow Utara yang melakukan penyelesaian studi tersebut tidak jelas siapa calon penerima bantuan tersebut.

Hal ini disampaikan oleh aktifis KPMIBU Indrawan Laupu, menurutnya dari sekian masiswa yang memasukkan Proposal penyelesaian akhir studi tahun 2014, banyak yang tidak direkomendasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga untuk di tindak lanjuti pencairannya oleh DPPKAD. Dikatakannya bahwa dia dan 30 orang mahasiswa lainnya tidak direkom oleh Dikpora.

“Padahal kami telah memasukkan Proposal tersebut pada tanggal 4 Maret 2014 kemarin. Tapi herannya nama-nama kami justru tidak direkomendasi oleh Dinas pendidikan” ujar wawan dengan mimik kecewa.

Terkait rekomendasi itu, Wawan dan rekan-rekannya mengecek ke Dikpora. Hanya saja, pihak dinas berkelit bahwa mereka tidak berhak untuk menerima dana tersebut. Tak ada informasi yang menyenangkan yang diperoleh di Dikpora. Kesannya bloon saja.

Bahkan, ketika Wakil Ketua DPRD Bolmong Utara meminta daftar nama penerima bantuan. Dikpora pun tak bergeming memberikan data yang diminta wakil rakyat itu. “Dinas tidak bersedia menyerahkan data tersebut dengan alasan bahwa data tersebut bersifat rahasia dan tidak dapat diserahkan kepada siapa-siapa,”beber Wawan

Hal tesebut mengundang pertanyaan besar. Apakah benar penerima bantuan akhir studi harus dirahasiakan ? Sehingga pihak dinas tidak bersedia membeberkan perihal data penerima bantuan tesebut, padahal dalam UU No. 14 Tahun 2008 telah mengatur tentang keterbukaan informasi Publik.

Diduga kuat, penyaluran bantuan akhir studi sarat dengan KKN. Konon, hanya keluarga pejabat Dikpora saja yang menerimagelontoran dana itu . “mungkin kita bukang dorang pe sodara,” seru wawan dengan sedikit kesal.

Sementara itu, kepala dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Drs. Leksi Talibo saat berada di Kantor DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara senin, 15 Desember 2014 sekira pukul 15.00 wita kepada media ini mengatakan bahwa, “kita tunggu saja SK Bupati, disana jelas siapa-siapa penerima bantuan dana tersebut,” tangkis mantan Staf khusus Bupati itu.(Tr-01)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...