Gambar Ilustrasi

Warga Goyo Bakal Dapat 568 Ha Lahan Pertanian Baru

Infobmr.com, BOROKO – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) mengimbau masyarakat transmigrasi Goyo kecamatan Bolangitang agar tidak membuka lahan perkebunan baru diareal hutan Goyo.

Menurut kepala Disnakertrans Bolmut Abdul Karim Lalisu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui pihaknya telah mengajukan permohonan lahan perkebunan baru ke Kementrian Transmigrasi dan Daerah Tertinggal bagi masyarakat transmigrasi Goyo. Sehingga, masyarakat diharap bersabar tidak sembarangan melakukan pembukaan lahan perkebunan.

“Beberapa bulan yang lalu, kami sudah mengajukan proposal sertifikat lahan kepada Kementerian Transmigrasi dan Daerah Tertinggal. Dalam waktu dekat InsyaAllah  akan terealisasi,” janjinya.

Dia menjelaskan, sekitar 568 hektar luas wilayah Goyo yang diajukan dan wilayah yang lain disekitarnya akan menjadi  milik Pemerintah. Apabila ada masyarakat yang membuka lahan baru di wilayah tersebut, sambung Lalisu, pihaknya akan, langsug memberhentikan aktivitasnya karena wilayah itu merupakan milik Nagara.

“Jangan ada yang membuka lahan baru diarel transmigrasi. Bila ditemukan, akan langsung ditindak. Sebab, bila proposal ajuan kami direalisasi, secara otomatis wilayah itu merupakan asset daerah,” tegas Lalisu.

Menanggapi itu, anggota Komisi I DPRD Bolmut Abdul Eba Nani mendukung sepenuhnya upaya Disnakertrans melakukan pembebasan Hutan Goyo menjadi lahan perkebunan pemerintah. Kendati demikian, kata Eba, ketika prmohonan yang diajukan direalisasi pemerintah pusat, lahan perkebunan harus dikembalikan kepada warga untuk bercocok tanam.

“Kami dukung sepenuhnya langkah Disnakertrans. Tapi kami juga menyarankan, lahan perkebunan harus dikembalikan kepada rakyat untuk dijadikan lahan garapan masyarakat,” sarannya.[dan]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Cara Menghapus Pesan WhatsApp Yang Salah Kirim

Infobmr.com, TEKNOLOGI – WhatsApp akhirnya merilis fitur yang sudah dinantikan banyak penggunananya. Fitur ini memungkinkan ...