Bupati Bolmut, Drs. Hi. Depri Pontoh

Upacara Peringatan HUT KE-14 Kabupaten Bolang mongondow utara Tahun 2021

Infobmr.com,–Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang Bertempat di lapangan Kembar Boroko, Minggu (23/05/2021).

Upacara tersebut berlangsung secara tertib dan hikmat dan di hadiri oleh Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, dan Asisten Sekda.

Dalam amanatnya, Bupati Bolmut Drs.Hi.Depri Pontoh menyapaikan bahwa peringatan HUT kali ini, kita peringati dengan suasana berbeda dari tahun sebelumnya, “karena pandemi covid-19 masih menjadi tanggung jawab besar kita bersama, implaksinya pun kita rasakan sendiri dari segala aspek dan sendi kehidupan,”kata Bupati.

akan tetapi kita harus mampu mensyukuri dan memaknai peringatan hut ini, sebagai refeleksi terhadap apa yang menjadi dasar perjuangan founding fathers, para presidium pemekaran daerah yang sama kita cintai ini.

Dikatakan bahwa menjadi harapan besar, dalam durasi bersejarah hari ini, seluruh masyarakat dari  Sang Sampai Tontulow, terus bersama melitasi sejarah panjang Bolmut yang semakin hari semakin mapan diusia Ke-14 tahun.

Sambil terus memaknai bertahap demi tahap pembangunan, dengan menyatakan tekad, sikap dan komitmen bersama untuk terus berjuang, bergotong royong, bersatu Padu memberiakan Kerja dan karya Nyata, demi kemajuan daerah, perkembagan pembangunan dan kesejateraan rakyat Bolmut.

“14 tahun lalu, para Presidum Pemekaran BINADOW Menyalakan semagat yang Menginspirasi seluruh masyarakat, melahirkan Kabupaten Bolmut yang menjadi bagian sejarah Panjang, pembentukan dearah otonomi kala itu. Semangat Perjuangan, pengabdian dan pengorbanan Yang luar biasa, atas kerja dan sprit perjuangan inilah yang harus kita teladani bersama,”jelas Bupati.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa 14 tahun mandiri sebagi daerah otonom, saya percaya para pendiri Daerah ini akan bersyukur dan bergembira melihat perkembagan daerah ini. Berbagai kemajuaan telah kita torehkan bersama, atas dasar itu, kita harus terus berupaya dengan pendekatan tantangan yang pernah kita lewati, megendepankan pendekatan pembagunan yang berkelanjutan, tata kelola pemerintah yang baik dan bersih, pengelolaan keuangan yang transparan sebagai arus utama dalam pembangunan.

Terhadap kerangka capaian kinerja pembangunan dan arah kebijakan yang telah terwujud sampai periode saat ini, dimana pandemi covid-19 telah memberikan tekanan terhadap kondisi perekonomian Nasional bahkan global yang juga berimplekasi pada perekonomian daerah menjdi pertumbuhan ekonomi daerah ini hanya mencapai  0,71% pada tahun 2020, dimana angka ini menurun tajam jika dibandikan dengan tahun 2019 yaitu 6,17%. Namun lebih baik dari pertumbuhan ekonomi regional. Nasional yang mengalami kontrasi sampai dengan minus 2,19%.

Meskipun dalam kondisi ekonomi yang melambat tersebut, tetapi pengeluaran Perkapita masyarakatCenserung stabil pada tahun 2020 yaitu 9,36 juta rupiah pertahun, sedikit Meningkat dibandingkan dengan 2019 yaitu 9,06 juta Rupiah pertahun.

Dikatakan bahwa sedangkan gini rastio deerah pada tahun 2020 juga menunjukan kondisi yang baik yaiyu 0,37 Poin. Dari sisi Peningkatan sumber daya manusia, dapat dikatakan cukup baik. Hal ini DIindekasikan dengan selalu meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM) dari angka 66,91 poin pada tahun 2019 menjadi 66,99 poin tahun 2020.

“Pengetasan kemiskinan terus pula kita upayakan secara Strategis dan terpadu dimana pada angka kemiskinan penurunan 0,04% dari tahun 2019 yaitu 8,45% menjadi 8,41% pada tahun 2020, dan  angka pengagguaran terbuka pada tahun 2020. Menurun menjadi 4,6% dari tahun sebelumnya pada angka 4,71%. Namun demikian, pencpaian ini perlu ditingkatkan lagi di tahun tahun yang akan dating,”jelas Bupati.

Hut ke-14 kali ini mengangkat tema yaitu “APARATUR BERKOPENTENSI,MASYARAKAT BERKARAKTER, INFRASTRUKTUR MAPAN UNTUK BOLAANG MONGONDOW UTARA SEJAHTERA,” tema tersebut secara simultan membangkitkan ruh dan semangat kita, untuk kembali pada koridor visi besar.

Pada bagian akhir dari sambutan ini, beliau mengajak seluruh masyarakat beserta seluruh pemangku kepentingan, untuk terus menyatukan tekat dan lngkah, dalam membangun Bolaang Mongondow Utara yang berkelajutan, mandiri, berbudaya dan berdaya saing.

Ungkapan terimaksaih kepada Bapak Gubernur dan wakil gubernur sulawesi utara beserta jajaran Provinsi Sulawesi Utara yang telah memberikan dukungan dan kontribusi terhadap pengembangan pembanguna di Kabupaten Bolmut.

Ungkapan terima kasih pula kepada para pendahulu pimpinan daerah ini, yang telah memberikan sumbangsih kemajuaan Kabupaten Bolmut. Pengohmatan dan ucapan terimaksaih pula kepada mantan pejabat yabg pernah mengabdikan dirinya di daerah ini, para tokoh masyarakat, politis akademisi, unsur TNI, Polri dan kejaksaa beserta seluruh intansi vertikal daerah lainnya, unsur perbankan, di daerah, tokoh wanita, tokoh pemuda, kalangan LSM dan insan pers yang telah bekerja keras, berkomitmen mengawal dan membangun Kabupaten Bolmut.

Ungkapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya saya ucapkan kepada seluruh tokoh tokoh presidum pemekaran kabupaten bolmut. Atas perjuangan, pengabdian dan pengorbanan luar bias, mengobarkan semagant dan komitmen yang menginsipirasi seluruh masyarakat melahirka kabupaten bolmut dan khusus kepada tokoh presidium yang sudah wafat, insyaallah segala perjuangan dan pengorbanan mereka akan bernialai ibadah dan diberikab tempat yang layak disisi allah SWT tuhan yang maha kuasa.

“Terima kasih pula kepada seluruh rekan rekan aparatur sipil negara disemua perangkat daerah, yang telah bekrja sama dalam bekerja, melayani warga dan memberikan berbgai solusi permasalahan daerah. Bekerjalah jujur, tegas dan mau mendegarakan aspirasi rakyat,”tutup Bupati. [Tr-07]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Juliari Batubara dan Edhy Prabowo pantas Dituntut Hukum Mati

Infobmr.com – Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dan ...