Tiap Bulan 80 orang warga Bolbar di serang ISPA
Kepala Puskesmas Bolbar Latifah R. Talibo, SKM

Tiap Bulan 80 orang warga Bolbar di serang ISPA

Infobmr.com, BOLBAR – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bolangitang Barat (Bolbar), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mencatat penyakit Infeksi saluran Pernafasan Akut (ISPA) adalah penyakit dengan jumlah pasien terbanyak di  tahun 2016 ini.

Kepala Puskesmas Bolbar Latifah R. Talibo, SKM yang ditemui reporter media ini, senin (25/04/2016) mengatakan bahwa, untuk tahun 2016 ini penyakit yang paling menonjol adalah ISPA yang kemudian disusul oeh Hipertensi (Darah Tinggi.red), Dan Penyakit Infeksi Lambung.

“Saat ini, rata-rata penderita ISPA tiap bulannya mencapai 70 sampai 80 pasien, Hipertensi 20 sampai 30 pasien, dan disusul Penyakit Lambung yang hanya berkisar 10 sampai 20 orang perbulannya.” terangnya

Diapun mengatakan bahwa dalam menagani sejumlah pasien pihaknya tidak merasa kewalaha sebab fasilitas di yang ada Puskesmas tersebut cukup memadai.

“Fasilitas yang diperlukan untuk melayani pasien penderita penyakit ini (ISPA, red) sudah terhitung cukup. Namun ketiga penyakit ini termasuk dalam kategori berbahaya, sehingga harus secepatnya mendapatkan penanganan medis. Untuk ISPA bisa melanda siapa saja, dan penyebabnya antara lain lingkungan yang kurang bersih dan virus tertentu yang bisa menular melalui saluran pernapasan.” pungkasnya.

Peliput : Chandriawan Datuela

Editor : ramdan Buhang

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...