Penjelasan Kepsek Terkait Pungutan di SMPN 1 Bintauna

Infobmr.com, BOROKO – Dugaan Pungutan Liar (Pungli) di SMP N 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menjadi buah bibir dan perdebatan hangat warga medsos setelah menjadi topic utama sejumlah media online di Kabupaten Juara.

Pasalnya, pungutan tersebut dinila amat melanggar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan dan ujian nasional. Sejumlah tokoh pemerhati pedidikan di kabupaten Bolmut pun ramai menyoalnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekolah SMP N 1Bintauna Dra. Nurmila Datunsolang angkat bicara. Diapun tidak menampik adanya kesepakatan bersama pihak komite mengenai pungutan tersebut sebesar Rp. 115.000 per orang tua siswa.

“Iya itu benar. Tapi itu bukan biaya Unjian Nasional, kami membahas kebijakan tersebut bersama pihak komite sekolah dalam rangka membenahi fasilitas simulasi ujian nasional” kata Nurmila saat dikonfirmasi reporter media ini, Rabu, (11/3/2020) melalui telepon seluler.

Nurmila menjelaskan, bahwa beberapa fasilitas yang akan digunakan pada pelaksanaan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mengalami masalah, beberapa perangkat computer mengalami kerusakan, instalasi jaringan inrternet pun panyak yang putus sehingga perlu diadakan perbaikan.

Selain itu, lanjut Nurmila, biaya yang diputuskan tersebut digunakan untuk honor teknisi dan pengawas dalam penyelenggaraan simulasi UNBK.

“Pungutan tersebut tidak dipaksakan, mengenai angka 115 rubu itu adalah standar tertinggi, namun jika ada yang tidak mampu maka bisa menyetorkan sesuai kemampuan. Bahkan hingga saat ini, baru sekitar 15 orang tua siswa yang sudah menyetorkan”, ujar Nurmila

Nurmila menjelaskan, bahwa ujian nasional sudah dianggarkan melalui Dana Bantuan Opersional Sekolah (BOS) sehingga dalam penyelenggaraannya nanti tidak akan dipungut biaya.

Ditanya soal kesiapan anggaran penyelenggaraan Ujian Nasional, Nurimla mengungkapkan hingga saat ini belum ada kucuran dana BOS dari pemerintah pusat. [dan]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Samsung Luncurkan Galaxy Note10 Lite

Infobmr.com, TEKNO – Samsung dikabarkan akan meluncurkan seri Galaxy Note ...