Kondisi Tanggul Pemecah Ombak di Desa Kuala Utara, Photo : Infobmr.com

Tanggul Pemecah Ombak Terancam Jebol, Warga Kuala Utara Khawatir

Infobmr.com, BOROKO – Cuaca buruk yang terus melanda wilayah Kabupaten Bolmut akhir-akhir ini, membuat sejumlah tanggul penangkal abrasi pantai mulai jebol akibat diterjang gelombang air pasang.

Hal ini turut mengundang kekhawatiran warga setempat dikarenakan jarak antara pemukiman warga dengan pesisir pantai hanya berkisar 10 Meter saja.

“Kami merasa khawatir dengan mulai rusaknya tanggul ini, sebab tanggul ini adalah satu-satunya penahan air pasang yang tiap saat siap mengancam rumah kami.” Ujar Alfin Korompot salah satu warga yang tinggal ditepi pantai Kuala Utara, minggu (28/02/2016)

Melalui media ini Alfin meminta pemerintah daerah dalam hal ini Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD)  segerah mengambil langka cepat sebelum kondisi lebih parah lagi akan terjadi.

“Selain kondisi tanggul yang mulai jebol, sepanjang pantai yang belum terpasang penangkal sudah mulai tergerus. ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Banyak rumah warga yang terancam.” terangnya lagi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya Kepala BPBD Bolmut Drs. Musliman Datukramat, M.Si meminta kepada warga yang bermukim di pesisir pantai agar tetap waspada.

Menurutnya kejadian alam ini tidak bisa kita prediksi. Kami minta kepada seluruh masyarakat baik yang tinggal di daerah pegunungan, dekat sungai, dan warga di pesisir pantai agar dapat waspada terhadap faktor-faktor alam yang kemungkinan bakal terjadi setiap saat.

“Saat ini, kita tengah menanti realisasi usulan program pembangunan tanggul pemencah ombak, yang sudah disetuji oleh BNPB Pusat.  Insya Allah dalam waktu dekat ini, tim verifikasi sudah bisa turun langsung, untuk melakukan surveyor ke daerah,” jelas Musliman.(Tr-01)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...