Sudirman Nani : Pengurusan Ijin Tambang Sudah Dialihkan Ke Provinsi

Infobmr.com, BOROKO  –  Tidak lagi diproses ditingkatan Kabupaten/Kota, Mulai saat ini Ijin Pertambangan sudah dialihkan ke Propinsi. Hal ini berdasarkan UU No 23 tahun 2014 tentang peralihan wewenang Pertambangan ke tingkatan Propinsi yang baru dilaksanakan tahun 2016 ini.

Hal ini berdasarkan pernyataan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Bolmut Ir. Sudirman Nani yang ditemui reporter media ini diruang kerjanya, Senin (05/09/2016) menyatakan bahwa saat ini sudah ada peralihan Kewenangan Pertambangan dari pihak Kabupaten ke tingkatan Propinsi.

“Peralihan wewenang itu yakni seputar pengurusan ijin pertambangan oleh Perusahaan. Namun sebelum melakukan proses perijinan, Perusahaan terkait harus meminta rekomendasi dari Kabupaten sebagai syarat awal dimudahkannya Ijin pertambangan itu.” Terangnya

Disamping itu dirinya menyatakan bahwa hal ini tentu mendapat tanggapan berbeda dari sejumlah pihak, terutama oleh sejumlah Perusahaan. Sebab menurutnya proses pengurusan ijin di Propinsi akan lebih sulit dibandingkan di Kabupaten.

“Ada banyak pihak yang mengeluhkan aturan ini, sebab menurut mereka pengurusan Ijin di Propinsi akan lebih sulit ketimbang di Kabupaten. Namun kami tidak bisa berbuat banyak, sebab ini aturan langsung dari Pemerintah Pusat yang diterapkan diseluruh Indonesia.” Ujarnya

Dia pun menambahkan jika saat ini tinggal dua Perusahaan yang masih memiliki Ijin Pertambangan di Bolmut yakni PT Sumaheksa Sinergi dan PT Tanah Air Nusantara. (Chan)

Sudirman Nani : Pengurusan Ijin Tambang Sudah Dialihkan Ke Provinsi

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Juliari Batubara dan Edhy Prabowo pantas Dituntut Hukum Mati

Infobmr.com – Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dan ...