Kondisi Tempat Pemakaman Raja-raja (Situs JERE)

Situs Jere Malah Jadi Kandang Sapi

Tak Diperhatikan Pemerintah

(Info BMR) BOROKO – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menjaga nilai-nilai sejarahnya. Namun kondisi ‘situs makam kerajaan Kaidipang’ yang dibanggakan amat jauh berbeda. Jika diperhatikan dari dekat, kondisi ‘situs jere  (Makam, red) mirip kandang sapi saja. Yang seharusnya, diusia 8 tahun Bolaang Mongondow Utara itu, sudah ditangani serius oleh Pemerintah Kabupaten. Mengingat Situs Jere sudah termasuk kekayaan daerah yang harus dirawat, dijaga dikembangkan nilai-nilainya.

Salah satu warga  Desa Kuala  Samsul Korompot, Jumat, (3/7) mengatakan, bahwa  kondisi  situs jere tersebut  sangat  memperhatikan, karena  Pagar Jere tersebut rusak dan   lapuk termakan usia. Tak hanya itu, disekitar  jere juga dipenuhi  semak belukar. Bahkan kuburan para raja pun dijadikan kandang sapi oleh masyarakat sekitar jere tersebut.

“Kondisi ini sangat  memprihatinkan dan membutuhkan perhatian serius dari pemerintah, sebab  Jere merupakan salah satu situs bersejarah yang perlu dilestarikan oleh pemerintah bolmong utara ,”Samsul.

Menanggapi fenomena tersebut, Wakil ketua DPRD Bolmut Arman Lumoto, S.Ag, M.Pd.I menyayangkan kondisi situs jere tersebut. Wakil Rakyat representatif  rakyat Kaidipang itu menyangkan kondisi tersebut. Arman mengatakan situs jere merupakan sejarah Kaidipang besar yang membuktikan Kaidipang merupakan daerah kerajaan.

Sementara itu, Hi Syarifudin Potabuga, SE MM, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi (Dishubparkominfo) Bolmut melalui Kabid Pariwisata dan Budaya Fadlun Paputungan mengaku kaget mendengar informasi tersebut. Mama Egin, sapaannya, tak menyangka kalau situs tersebut malah dijadikan tempat ikat hewan oleh warga sehingga pihaknya berjanji akan menata anggaran untuk pemeliharaan dan pembuatan pagar keliling guna pengamanan situs tersebut.

“Insya Allah anggaran 2016 kami akan mengusulkan anggaran pemeliharaan situs-situs yang ada di Bolmut masing-masing situs pemakaman raja-raja yang ada di Bintauna dan Jere Kaidipang,” pungkasnya. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...