Ilustrasi Photo

Si Jago Merah Lalap 480 Hektar Kawasan Hutan Bolmut

DPRD Nilai Pengaplikasian UU Lingkungan Hidup Lemah

 

Info BMR, BOROKO – Sebanyak 480  hektar hutan dan lahan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terbakar, sejak bulan  Januari  hingga Oktober  2015. Kepala Bidang Kehutanan Daniel Palilu, S.Hut  menegaskan bahwa kebakaran hutan dan lahan terjadi di 5 Kecamatan di Kabupaten Bolmut.

“Dari 480 Hektar hutan dan lahan yang terbakar, sebanyak 260 hektar berada diluar kawasan dan 220 berada didalam kawasan ,” kata Daniel kepada wartawan, Selasa (20/10/2015).

Dia menjelaskan, daerah terparah kebakaran hutan dan lahan di Bolmut ada di wilayah Kecamatan Sangkub  menempati urutan terbanyak, dengan luas lahan terbakar sebesar 205 hektar.

“Jumlah titik kebakaran terus bertambah disebabkan pembakaran lahan perkebunan. saat ini kami tengah memerintahkan personil Polisi Kehutanan untuk memantau sejumlah lokasi yang rawan kebakaran” sambungnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Bolmut Frangky Chendra menilai, terus meningkatnya kebakaran kawasan hutan di Bolmut disebabkan kurangnya pengawasan serta tindak tegas dari instansi teknis dalam mengaplikasikan UU mengenai lingkungan hidup.

“Proses penegakan hukum terhadap pelaku pembakar hutan dan lahan lemah  sekali. Banyak kasus pembakaran hutan yang muncul tapi tidak sampai ke  pengadilan, karena pembuktian lemah sekali. sehingga pembakar hutan  pun tidak jera.” Ujar politisi PDIP itu. (dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...