Sangadi Mengeluh Bak Sapi Perah

Terkait TAPD Belum Cair

(Info BMR) BOROKO – Miris benar nasib para Sangadi di Bolmong Utara. Kerja keras sembari memeras pikiran dan materi, untuk mensukseskan program Pemkab Bolmong Utara belum juga diimbangi dengan pencairan TPAD.

Kerja selama 3 bulan (Januari-Maret,April) terakhir ini tidak disertai dengan niat yang tulus dari Pemerintah Kabupaten (baca; Pemkab) Bolmut untuk segera mencairkan Tunjangan Penghasilan Aparat Pemerintah Desa (baca; TPAPD). Dipenghujung Triwulan I, TPAD belum juga dikucurkan, sementara para Sangadi dan perangkat desa sudah menantikan honorarium yang tertata di TPAD. Kondisi ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Februari silam sudah dibayarkan.

“Kami ini bukan sapi perah, sebab kami sudah dituntut untuk dapat melayani masyarakat serta mensuksekan program Pemkab Bolmut, namun hingga kini nasib kami tidak diperhatikan, padahal tahun sebelumnya kondisi ini kami alami paling lama sekitar 2 bulan,” terang sejumlah Sangadi di Bolmut yang enggan di korankan namanya.

Akibat kondisi seperti ini, mereka mengancam tidak akan lagi fokus untuk melayani masyarakat maupun mensukseskan program Pemkab Bolmut. “Kami punya keluarga yang butuh biaya hidup, jika hal seperti ini biarkan begitu saja, maka jelas kami akan mencari pekerjaan lain yang bisa menghidupi keluarga kami, dan kami akan menyerahkan seluruh pekerjaan kepada Pemkab Bolmut,” ujar mereka lagi.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan (baca; BPMPD) Bolmut Halifaks Olii, melalu Kepala Bidang Pemerintahan Desa Abdul Muis Suratinoyo SH, menyatakan jika keterlambatan pembayaran TPAPD ini disebabkan adanya keterlambatan pengajuan Surat Keputusan (baca; SK) yang diajukan oleh 2 desa yang ada di Bolmut. Namun demikian dirinya memastikan jika pembayarannya akan segera dilakukan pada pekan ini. Hal ini sebagaimana kesepakatan bersama antara BPMPD, DPPKAD serta Bank yang ditunjuk oleh Pemkab Bolmut untuk membayarkan TPAPD. “Semua telah selesai dan dipastikan dalam 1 atau 2 hari ini TPAPD akan dilakukan pembayaran sebagaimana mestinya,” pungkas mantan Kabag Humas Pemkab Bolmut itu.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...