Ilustrasi

Sangadi di Bolmut Kesulitan Menyusun APBDes

Tidak adanya tim teknis pendamping

(Info BMR) BOROKO – Sebagai salah satu syarat yang harus di penuhi oleh, Desa-Desa penerima Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBDN) tahun 2015, yakni pihak Desa harus menyiapkan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

Namun, sayangnya sampai dengan saat ini, belum semua Desa yang ada di Bolmut telah menyelesaikan penyusunan APBDes mereka.

Dari sejumlah penuturan para kepala Desa (Kades) atau sangadi, lambatnya penyusunan APBDes mereka karena terkendala tidak adanya tim teknis yang mendampingi pihak mereka dalam menyusun Rencana Anggaran Pembiayaan (RAP), khususnya pada program fisik yang masuk dalam pembiayaan DD.

“Kita kesulitan dalam menyusun RAP, khususnya pada program fisik. Karena di desa tidak ada aparat kami yang paham soal teknis perhitungan konstruksi seperti itu,” ujar salah satu sangadi di kecamatan Sangkub yang engan namanya dikorankan.

Ditempat terpisah, kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), melalui kepala bidang (Kabid) pemerintah desa (Pemdes), Abdul Muis Suratinoyo membenarkan jika kendala-kendala tehnis seperti itu yang kini di alami oleh desa-desa penerima dana desa tersebut.

“Seharusnya tim pendamping yang di rekrut oleh Kementrian Desa  (Kemendes) jauh sebelum dana ini di salurkan ke Daerah dan Desa sudah disiapkan. Sehingga, mereka dapat mendampingi pemerintah desa dalam menyusun APBDes,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, untuk saat ini baru sekitar 50 desa dari 106 desa yang ada di Bolmut yang sudah memasukan rancangan APBDes mereka, untuk di evaluasi dan di verifikasi selanjutnya di asistensi oleh pimpinan daerah, sebelum disahkan.
“Sisanya masih sedang dalam proses penyusunan, dan jika ada keterlambatan dalam realisasi dana desa ini, maka konsekuwensinya akan ada pemotongan anggaran pada realisasi tahap kedua,” jelasnya.
Namun dia memastikan, jika pada awal bulan depan, realisasi Dana desa ke kas desa akan dilakukan. “Kita pastikan, jika sampai akhir bulan ini, semua usulan APBDes sudah diiasistensi, sehingga penyaluran untuk tahap pertama dana desa sebesar 40 persen, akan segerah dilakukan, kemungkinan awal bulan depan,” pungkasnya mantan Kabag Humas Bolmut itu.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Cherish Akhiri Masa Lajang, Ini Tanggapan Netizen

Cherish Akhiri Masa Lajang, Ini Tanggapan Netizen

Infobmr.com , Life Style – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) ...