iLustrasi Saluran Irigasi sawah // Photo

Saluran irigasi Huntuk tidak berfungsi

DPRD Akan Segera Tinjau Kebenarannya

 

Info BMR, BOROKO – Saluran irigasi sawah yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Desa Huntuk kecamatan Bintauna Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) menuai sorotan dari tokoh masyarakat desa setempat. Pasalnya, irigasi tersebut hingga kini tidak berfungsi, sehingga petani harus memutar otak membuat saluran secara manual untuk mengalirkan air dari sungai ke sawah.

Tokoh Masyarakat Desa Huntuk Oldy Kumolontong S.Pd.K mengungkapkan, jika areal persawahan didesa mereka sangat luas, sehingga dengan adanya pembangunan saluran irigasi sangat membantu petani, namun sayangnya irigasi yang dibangun oleh Pemkab tidak sama sekali membantu masyarakat petani.

“Kami menilai, perencanaan Pemkab tidak matang, sebab saluran irigasi yang dibangun, disambungkan dengan sungai yang debit airnya kecil. Diwilayah itu lebih cocok dibangun irigasi air tanah sebab semua sungai di Huntuk tidak memiliki debit yang besar,” tukas calon sangadi Huntuk itu.

Ditempat terpisah, anggota Komisi III DPRD Bolmut Robby Lombogia mengatakan, jika pihaknya akan segera meninjau saluran irigasi tersebut. “Informasi yang kami terima dari masyrakat akan segera ditindak lanjuti untuk dievaluasi selanjutnya memanggil instansi terkait untuk rapat dengar pendapat mencari solusi keluhan masyarakat,” ujarnya.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...