Rp 68,4 Miliar Untuk Jalan dan Jembatan di Bolmut

(Info BMR) BOROKO – Di tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Bolmong Utara
memfokuskan anggarannya untuk pembangunan infrastruktur penunjang kebutuhan masyarakat di daerah. Dari ratusan miliar rupiah anggaran APBD untuk belanja modal daerah, khusus di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat, mengalokasikan sebesar Rp 68.4 Miliar untuk program pembangunan, peningkatan jalan, dan jembatan, serta sejumlah paket pembangunan lainnya.

Seperti data yang diperoleh dari DPU setempat, paket proyek yang sudah ada dan siap ditenderkan yakni, 13 paket program peningkatan jalan dengan total anggaran sebesar Rp 39,5 Miliar lebih. Selain itu ada 15 pekat pembangunan jalan dengan total anggarannya sebesar Rp 12,5 miliar lebih dan 3 paket pembangunan jembatan dengan total anggaran sebesar 1,5 Miliar lebih.

Jika dihitung, total untuk proyek yang akan dilelang totalnya berbandrol Rp 53,4 Miliar lebih di tahun ini. Sementara ada beberapa paket proyek yang tidak melalui proses tender atau hanya penunjukan langsung (PL) total anggarannya sebesar Rp 14,9 miliar lebih.

Masyarakat berharap, pada program pembangunan yang diusung oleh DPU Bolmut ini supaya dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Sehingga tidak ada lagi program-program kegiatan yang terpaksa dilakukan pemutusan kontrak karena dikejar masa pekerjaan yang tidak tepat waktu.

“Kami berharap program pembangunan fisik tahun ini berjalan sesuai perencanaan yang sudah dimatangkan di dalam Rencana Kegiatan Anggaran (RKA). Sehinga tidak lagi ada masalah-masalah pekerjaan proyek yang tidak selesai dilaksanakan karena kehabisan waktu sesuai dengan kontrak,” harap Idris Antogia salah satu pemerhati di Bolmut.

Ia pun berharap agar dalam proses tender dan pengawasan pekerjaan tersebut dilakukan secara transparan, professional dan benar. Sehingga hasilnya nanti sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

“Fasilitas-fasilitas infrastruktur itu dibangun mengunakan uang rakyat yang dipercayakan kepada pemerintah untuk mengelolahnya. Sehinga masyarakat tentu memiliki andil untuk mempertanyakan serta berharap program tersebut berjalan dengan transparan, professional dan tentu hasilnya baik,” ujarnya, Jumat, (15/5) pagi tadi Sebelumnya, Kepala DPU Bolmut, Ir. Saeroji mengungkapkan jika tahun ini pihaknya memaksimalkan semua program kegiatan pada pembangunan dilakukan tepat waktu. “Dari segi kesiapan dan targetan, kami berupaya semua program kami dikerjakan dan tuntas tepat waktu. Demikian pula menyangkut kualitasnya, kami berupaya semua sesuai dengan standart yang diharapkan,” kata dia.

Terpisah, Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP) pada jasa konstruksi, Muhamad Tancora  mengatakan, untuk saat ini pihaknya sudah melakukan proses tender terhadap 13 paket proyek. Sementara dalam waktu dekat ini aka nada lagi 25 paket susulan yang akan siap di lelang via LPSE. “Proses lelang 13 paket lewat LPSE kini sedang berlangsung. Dekat-dekat ini akan ada lagi beberapa paket yang siap di tenderkan. Kurang lebih ada 25 paket,” jelasnya.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Update Corona di Indonesia 8 April 2020 : 2.956 Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal Dunia

Infobmr.com, JAKARTA – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan ...