Rp 200 Juta Simpan Pinjam PNPM Diduga Bermasalah

Berdalih Gaji Terlambat

(Info BMR) BOROKO—Diam-diam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri di Bolaang Mongondow Utara menyimpan sejuta misteri. Adalah kegiatan simpan pinjam PNPM di Kecamatan Pinogaluman ditengara bermasalah. Dana sekira Rp 200 Juta yang diperuntukkan kegiatan simpan pinjam diduga diembat oleh sang ketua dan kroni-kroninya.

Modus ‘embat-embat’ dana bank dunia itu cukup sederhana saja. Konon, oknum penagih usai menahig uang kredit bukannya dilapor ke kas PNPM yang dikelolah oleh YH alias Yudi. Uang setoran bulanan itu malah diamankan ke kas ‘papoji’. Itu sebabnya, cash flow dana kredit ditengara bermasalah.

Sementara itu, Yudi mantan ketua PNPM yang disambangi di kediamannya, Desa Dalapuli, sekira 12 km dari Boroko. Membenarkan kalau dia memakai uang tersebut. Dikatakannya, kalau dana yang sempat dipakai sekitar Rp 7-8 Juta. Pun begitu, Yudi mengaku, kalau ia menggunakan dana itu karena gaji belum datang. “Kita terpaksa da pake tu doi, lantaran gaji belum ada. Depe laste, gaji memang nyanda trima,”kelit Yudi membela diri.

Mengenakan kemeja biru kotak-kotak lengan panjang, Yudi menambahkan bahwa bendaharanya, Rida pun sudah mengembalikan dana Rp 50 Juta. Namun, Kajari Cabang Boroko melalui Kasi Intel Frans J Karinda SH yang dikonfirmasi belum memberi penjelasan yang terang terkait dugaan penyelewengan dana simpan pinjam PNPM itu. Dia hanya mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan jumpa pers.(tr-02)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal China bernama “Ryze Tech” menjual ...