Ratusan Bunda PAUD Jadi ‘Tumbal’ TGR, 1,2 M Harus Dikembalikan
Ratusan Bunda PAUD Jadi ‘Tumbal’ TGR, 1,2 M Harus Dikembalikan

Ratusan Bunda PAUD Jadi ‘Tumbal’ TGR, 1,2 M Harus Dikembalikan

Infobmr.com, BOROKO – Kantor Inspektorat Daerah kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), rabu (20/09), dipadati oleh ratusan Bunda Pendididkan Anak Usia Dini (PAUD) yang menghadiri undangan sidang oleh Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi (MPTRG) atas kelebihan pembayaran gaji mereka.

Dari pengkuan sejumlah Bunda PAUD Kecamatan Kaidipang, jika mereka sangat tidak tahu menahu persoalan ini, namun tiba tiba beberapa waktu lalu Dikbud memberitahukan bahwa gaji yang diterima selama 2016 diganjar TGR oleh BPK karena kelebihan pembayaran dan masing masing guru harus membayar dan melunasi TGR sebesar Rp 3 juta.

“Saat kami mengisi daftar hadir kesal kok sudah divonis terdakwa. Kami bukan koruptor, selama bekerja kami hanya menerima hak kami sesuai yang diberikan oleh pemerintah daerah. Soal gaji yang jadi TGR itu urusanya Dikbud,” kesal mereka.

Sekda Bolmut yang juga Ketua Majelis MPTGR DR. Asripan Nani M.Si saat diwawancarai sejumlah wartawan usai sidang mengatakan, sidang itu adalah rekomendasi pengembalian ganti rugi oleh BPK-RI yang dimuat dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2016 silam, dimana terdapat kelebihan pembayaran berkisar Rp. 250.000 per bulan untuk guru honorer PAUD.

“Alhamdulilah dari hasil sidang MP-TGR semua guru PAUD telah bersepakat untuk mengembalikan uang sebesar Rp 3 juta yang akan dicicil selama 15 Bulan dengan besaran pengembalian Rp 200.000 per bulan setiap guru. Ini hanya kesalahan adimistarsi saja,” terang Sekda.

Untuk diketahui, Insentif Guru PAUD di Bolmut sebelumnya hanya sebesar Rp 400 ribu per bulan. Namun, terhitung sejak januari 2016 honorarium tersebut dinaikan oleh Dikbud Bolmut menjadi Rp 600 ribu per orang setiap bulannya dan disahkan oleh DPRD dalam APBD tahun 2016.

Namun sangat disayangkan, kelalaian dari Dikbud Bolmut dalam mengurus administrasi seperti SK maupun Perbup berbuah temuan dari BPK dan akibatnya 400 Bunda PAUD yang ada di Bolmut pun menjadi tumbal. Jika dihitung, jumlah sanksi TGR sebesar Rp 3 juta per guru kemudian dikalikan dengan 400 guru PAUD, maka total TGR mencapai Rp 1,2 miliar.[Tr-06]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Andalkan Layanan Triple Play, Masyarakat Boroko Segerah Nikmati IndiHome

Infobmr.com, BOROKO –  Tidak lama lagi , Masyarakat Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, segerah menikmati ...