PT. HSL Diduga Berpotensi Merusak Lingkungan

Hasil Kunjungan BLH Sulut-KLH Bolmut

(Info BMR) BOROKO – PT. Huma Sulut Lestari (PT. HSL) yang beroprasi di wilayah Bolaang Mongondow Utara di merusak kelestarian lingkungan. Indikasi itu terlihat saat Tim Monitoring dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sulawesi Utara bersama Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Bolmut yang melakukan peninjauan lokasi olahan HSL. Alhasil, tim menemukan sejumlah indikasi pencemaran lingkungan yang terjadi di kawasan PT HSL.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Hidayat Panigoro melalui Kepala Seksi Pengawasan Lerry Talibo mengatakan bahwa ada pelanggaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan dengan tidak melakukan kewajiban sebagaimana tercantum dalam dokumen yang telah disepakati saat pembuatan penertiban izin.

Salah satu Kesepakatan dalam dokumen ijin milik PT.HSL yakni pihak perusahaan harus menanam pohon di pinggiran jalan koridor, tidak menebang pohon di jalan koridor. Dan yang lebih parah lagi, perusahaan tersebut hingga kini belum memiliki tempat pengelolaan limbah, beber Lerry, Rabu (6/5).

KLH berharap PT. HSL dapat memenuhi semua perjanjian yang tercantum dalam dokumen ijin yang sudah disepakati bersama. Sementara itu, Kepala Bidang Kehutanan Daniel Palilu menyampaikan, jika PT. Huma Sulut Lestari sudah melakukan operasi penebangan kayu di wilayah Bolmut sejak tahun 2001. Ijin perusahaan tersebut akan berakhir pada tahun 2021 seluas 26.800 hektar atau tepatnya berbatasan langsung dengan hutan lindung Nani Wartabone Provinsi Gorontalo, jelasnya.(dan)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Ryze Tech Luncurkan Drone Seharga Satu Jutaan

Infobmr.com, TEKNO – Persaingan drone kini semakin ketat, startup asal ...