Proyek PLTU Bolmut Wajib Buka Peluang Tenaga Kerja Lokal

Infobmr.com, BOROKO – Proyek Multi Years Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang saat ini melai dikerjakan di desa Binjeita kecamatan Bolangitang Timur diharapkan bisa membuka lapangan kerja bagi putra-putri daerah yang membutuhkan pekerjaan.

Hal ini disampaikan oleh pesonil Komisi III DPRD Bolmut Galib M. Pangko kepada sejumlah wartawan usai meninjau peroyek pembanguan PLTU, Selasa (18/02/2020).

Menurut dia, Perusahaan lokal, nasional, atau multinasional wajib hukumnya mendahulukan pekerja lokal yang berdomisili di Kawasan beroperasinya perusahaan tersebut. Daripada mempekerjakan karyawan asing atau WNA.

Galib  menuturkan,  pekerja asing diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA).  Peraturan Presiden (Perpres) ini merupakan perubahan dari Perpres Nomor 72 Tahun 2014 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing serta Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kerja Pendamping.

Pemberi kerja atau perusahaan, kata dia, wajib hukumnya mendahulukan tenaga kerja lokal  pada semua jenis jabatan. Hal ini tertulis dalam Pasal 4 ayat 1 dan 2. Dan setiap pemberi kerja TKA wajib mengutamakan penggunaan tenaga kerja local pada semua jenis jabatan yang ada. Sementara itu, Pasal 5 menyatakan TKA dilarang menduduki jabatan yang mengurusi personalia dan/atau jabatan tertentu. Jabatan tertentu yang dimaksud akan ditetapkan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan ketenagakerjaan.

“Pengaruh asing ini disemua sektor tidak bisa kita hindari lagi.  Apalagi kita sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).  Kita harus meningkatkan daya saing agar tenaga kerja lokal tidak tersingkir, ” tegasnya.

Dia berharap, proyek dengan kucuran anggaran triliunan rupiah ini, dapat memberikan angin segar terhadap putra-putri daerah yang saat ini belum memiliki pekerjaan.

“kami akan terus mengawasi, proses pembangunan proyek ini, tentunya hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama, terutama penyelenggara pemerintahan di daerah” tutup politisi Partai Persatuan Pembangunan ini. [dan]

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Samsung Luncurkan Galaxy Note10 Lite

Infobmr.com, TEKNO – Samsung dikabarkan akan meluncurkan seri Galaxy Note ...